Pembagian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Bagi Warga Kota Yogyakarta Tahun 2021

Pembagian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Program Bantuan Pangan Non Tunai

Pada hari Jumat, 6 Agustus 2021, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi bersama dengan Bank BNI membagikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada 2.148 keluarga penerima manfaat. Pembagian bertempat di XT Square ruang Kampayo dan dihadiri oleh para Pendamping Sosial Bantuan Sosial Pangan Kecamatan (PSBPK) se Kota Yogyakarta, Pejabat Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, aparat keamanan, Petugas Bank BNI, serta seluruh penerima manfaat program. Pada pembagian KKS kali ini dibarengkan dengan percepatan vaksinasi bagi penerima manfaat yang belum mendapatkan vaksin.
Penambahan 2.148 penerima manfaat baru merupakan usulan Pemerintah Kota Yogyakarta kepada Kementerian Sosial RI selaku pemilik program BPNT. Usulan berasal dari data KSJPS yang belum mendapat bantuan dan usulan TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) yang telah melewati verifikasi. Usulan tersebut di-upload melalui menu usulan bansos pada aplikasi SIKS-NG. Dengan tambahan penerima ini, diharapkan bisa membantu kebutuhan masyarakat selama wabah Covid-19.
Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dibagikan berisikan saldo senilai Rp 200 ribu/bulan. Saldo tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli sembako di e-warong (elektronik warung gotong royong) binaan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta e-warong yang menjalin kemitraan dengan BNI. Jenis sembako yang dapat dibelanjakan di e-Warong dan harus memenuhi 4 komponen yaitu karbohidrat, protein hewani, protein dan vitemain mineral (buah dan sayur). (Yul)