KPAID Award 2021, Bentuk Penghargaan Atas Komitmen Terhadap Perlindungan Anak

Sebagai wujud penghargaan karena beberapa waktu lalu Pemerintah Kota (Pemkot Yogya) berhasil meraih KPAI Award kategori Pemerintah Daerah yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak terbaik, serta penghargaan Kota Layak Anak kategori Utama, maka Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kota Yogya menggelar KPAID Award 2021. 

Kepala KPAID Kota Yogya, Sylvi Dewajani mengatakan KPAID Award Tahun 2021 adalah sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas komitmen dan inovasi kepada stakeholder yang memiliki komitmen besar dan berkontribusi aktif terkait penyelenggaraan perlindungan anak.

Dalam gelaran tersebut KPAID Kota Yogya menganugrahi berbagai pihak yang telah berkomitmen mewujudkan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak.  

"Ada berbagai kategori dalam kegiatan tersebut, diantaranya adalah organisasi perangkat daerah (OPD) ramah anak, fasilitas kesehatan ramah anak, serta Kemantren dan Kelurahan layak anak," katanya di Pesona Tugu Hotel, Selasa (30/11/2021). 

Selain itu, lanjutnya, juga ada penghargaan kepada aparat penegak hukum layak anak, kampung ramah anak, serta forum anak terbaik. 

"Kami juga memberikan penghargaan kategori perorangan, seperti tokoh perlindungan anak, tokoh inspiratif lifetime achievement, dan tokoh penggerak pendidikan anak," jelasnya. 

Untuk OPD ramah anak jatuh pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsos Nakertrans) Kota Yogya, sementara untuk fasilitas kesehatan ramah anak diraih RS Jogja, serta Kemantren dan Kelurahan layak anak jatuh pada Kemantren Umbulharjo, dan Kelurahan Ngupasan. 

Kategori aparat penegak hukum layak anak diraih oleh Pengadilan Negeri Yogyakarta, kategori kampung ramah anak jatuh pada RW 12 Demangan, dan forum anak terbaik disabet oleh forum anak Kota Yogya. 

"Sementara untuk tokoh perlindungan anak diraih oleh fitri riyanti, tokoh inspirasif lifetime achievement diraih oleh Siti Maisaroh, dan tokoh penggerak pendidikan anak diraih oleh Warnani Widodo," ujarnya. 

Penghargan tersebut diserahkan langsung oleh Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya, ia mengungkapkan penghargaan tersebut merupakan apresiasi dan penghargaan terhadap komitmen dan inovasi semua pemangku kepentingan di Kota Yogya, yang telah berkontribusi aktif dalam perlindungan anak dan pemenuhan hak-hak anak.

"Ini juga penghargaan untuk para pegiat dan aktivis perlindungan anak Kota Yogya, yang telah berkomitmen terus menjaga dan menjamin tumbuh-kembang anak sehingga berada dalam koridor yang bebas bisa memaksimalkan potensi dirinya," katanya. 

Aman berharap dengan diterimanya penghargaan tersebut akan semakin meningkatkan motivasi, kerja, serta semangat seluruh karyawan Pemkot Yogya dalam mewujudkan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak. 

"Semoga Kota Yogya terus dapat memberikan ruang dan pelayanan yang terbaik untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal," tegasnya. (Han)