Pembagian Kartu Keluarga Sejahtera Program Bantuan Pangan Non Tunai PPKM

Yogya(16/2) Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi melaksanakan pembagian KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT/Sembako) PPKM di 14 Kemantren. Sejumlah 1.921 KKS disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah ditentukan oleh Kementerian Sosial RI berdasar kriteria dan ketentuan yang berlaku.

Proses distribusi KKS dilakukan oleh Bank BNI selaku Himbara yang ditunjuk oleh Kementerian Sosial sebagai mitra Program BPNT di Kota Yogyakarta. Jadwal distribusi telah dilaksanakan sejak Senin, 14 Februari 2022 sampai dengan Rabu, 16 Februari 2022 bertempat di masing-masing kemantren. Untuk KPM yang belum mengambil pada jadwal yang telah ditentukan karena kendala kesehatan dan yang lainnya, akan dijadwalkan ulang. Proses distribusi dijadwalkan cukup panjang agar menghindari penumpukan KPM yang berresiko dalam penularan Covid-19. Kartu

Keluarga Sejahtera (KKS) yang dibagikan berisikan saldo senilai Rp 200 ribu/bulan selama 6 bulan masa PPKM yaitu Juli sampai dengan Desember 2021. Saldo tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli sembako di e-warong (elektronik warung gotong royong) binaan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta e-warong yang menjalin kemitraan dengan BNI. Jenis sembako yang dapat dibelanjakan di e-Warong dan harus memenuhi 4 komponen yaitu karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan vitamin mineral (buah dan sayur). Dengan adanya Bantuan ini, diharapkan bisa membantu kebutuhan masyarakat selama wabah Covid-19. (yul)