Ketupat May Day

          Yogya(15/05) Pemerintah Kota Yogyakarta dalam hal ini Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi  bekerja sama dengan  tim kelembagaan hubungan industrial terdiri atas unsur pemerintah, serikat pekerja dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Yogyakarta memperingati Hari Buruh tahun 2022. Kegiatan May Day tahun ini dihadiri oleh Walikota Yogyakarta, Kepala Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta, Kepala BINDA DIY dan BPJS Ketenagakerjaan.

Tahun 2022 ini hari buruh bertepatan dengan hari raya umat muslim Idul Fitri, maka tahun ini mengangkat Tema ”Ketupat May Day” dengan sub tema “Meraih Kemenangan dengan Mengutamakan Silaturahmi Menuju Industrial Peace” sehingga, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan hubungan industrial yang damai.

Di tengah situasi pandemi yang masih berlangsung, peringatan May Day 2022 Kota Yogyakarta kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Semua pekerja di Kota Yoyakarta melalui perwakilannya dapat berkumpul merayakan Hari May Day dengan berbagai kegiatan dari, oleh dan untuk para pekerja. Acara yang digelar di Hotel Horaios Gowongan Yogyakarta pada 12 Mei 2022 ini, dilaksanakan dengan sederhana namun penuh makna. Seperti maksud dari tema yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, dengan kesederhanaan dapat menjalin hubungan industrial yang harmonis.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyampaikan bahwa “Industrial peace harus ada hubungan yang harmonis ada komunikasi dan konstruksi antara pekerja dengan pemberi kerja sehingga jadi damai.” Selain itu beliau juga berpesan “Bekerjalah dengan baik dan jujur maka, segala sesuatu akan berbanding lurus”. “Hubungan industrial peace atau hubungan industrial damai merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ekonomi di Yogyakarta. Selain itu mendaftarkan buruh/pekerja menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan merupakan hal yang perlu dilakukan oleh seluruh pemberi kerja sehingga banyak manfaat yang dapat dirasakan bagi pekerja/buruh,” imbuh Walikota yang menjabat selama 2 periode tersebut.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Maryustion Tonang yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan atas nama Pemerintah Kota Yogyakarta mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri dan selamat Hari Buruh tahun 2022 kepada para pekerja yang tergabung dalam serikat pekerja dan Apindo. Ungkapan terima kasih juga tidak lupa disampaikan kepada serikat pekerja dan Apindo yang telah hadir, terima kasih tersebut juga dimaknai sebagai hubungan yang harmonis antara pekerja dengan pemberi kerja dan pemerintah daerah yang harus terus dipertahankan dan juga dikembangkan.

Selain itu Ketua Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) DIY Brigjen Pol Andry Wibowo yang turut hadir dalam acara sarasehan mengatakan bahwa buruh merupakan kekuatan pembangunan nasional, sehingga harus diperhatikan bersama. Buruh juga alat kejuangan bangsa karena dunia semakin terbuka, kompetisi antar negara semakin ketat. Sehingga menjadi tanggung jawab bersama untuk mewujudkan pembangunan nasional.

Disela-sela acara sarasehan ini dibagikan puluhan doorprize berupa sembako persembahan dari BPJS Ketenagakerjaan untuk setiap tamu undangan. APINDO, BINDA dan KSPSIpun turut serta memberikan beberapa jenis voucer diantaranya voucer belanja dan voucer hotel selain itu hadiah utama yaitu kompor gas yang turut memeriahkan acara hari buruh tahun 2022.

Penyerahan secara simbolik santunan jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan jaminan pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan. Kepada dua pekerja di Yogyakarta yang telah meninggal dunia, santunan diserahkan oleh Walikota Yogyakarta bersama Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) DIY. Penyerahan tersebut menjadi penghujung acara Hari Buruh tahun 2022, hal ini bertujuan memberikan bukti nyata bahwa mendaftarkan pekerja/buruh menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan merupakan hal yang penting.(Vika)