Musrenbang Tematik Lansia 2022

Sabtu (17/09/22), Pada hari kamis yang lalu, tanggal 15 September 2022 Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyelenggarakan Musrenbang Tematik Lansia Kota Yogyakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Kawung Bribil Dindikpora Kota Yogyakarta.

Musrenbang Tematik Lansia ini diselenggarakan sebagai wadah urun rembug dan untuk menyerap aspirasi para lansia, yang diwakili oleh Komisi Daerah Lanjut Usia, di Kota Yogyakarta dalam perencanaan program dan kegiatan di tahun 2024. Selain itu, dalam kegiatan kali ini juga disampaikan mengenai rencana program dinas tahun 2023 terkait pemberdayaan lansia, fasilitasi program kegiatan lansia dan rencana program kegiatan lainnya.

Kegiatan musrenbang tematik dihadiri oleh 45 (empat puluh lima) undangan. Terdiri dari perwakilan komda lansia se-Kelurahan Kota Yogyakarta. Acara dibuka oleh sambutan dari Sekretaris Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta, Ibu Sutini Sri Lestari, SH, M.Si dan dilanjutkan oleh diskusi dan materi dari BAPPEDA Kota Yogyakarta, Forum LPMK Kota Yogyakarta, Komda Lansia Kota Yogyakarta, serta akademisi dari STPMD APMD.

Banyak usulan dan pertanyaan selama kegiatan berlangsung, antara lain terkait kegiatan di wilayah, fasilitasi, pemberdayaan, dan bantuan sarana prasana bagi para lansia. Diharapkan dengan kegiatan Musrenbang Tematik Lansia ini, usulan dan pertanyaan dari lansia dapat ditampung oleh Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta, melalui Dinsosnakertrans dan BAPPEDA, sebelum pelaksanaan musrenbang di wilayah pada tahun depan. (Aji)