WORKSHOP SUMBER DAYA MANUSIA PROGRAM KELUARGA HARAPAN

Workshop SDM PKH merupakan kegiatan tahunan rutin yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi melalui Seksi Jaminan dan Bantuan Sosial.  Peserta Workshop merupakan SDM PKH Eksisting Tahun 2022 berjumlah 47 Orang yang terdiri dari 44 Pendamping Sosial, 2 Orang Administrator Pangkalan Data dan 1 Orang Koordinator PKH Kota Yogyakarta Beserta 3 Pendamping Sosial baru yang akan bertugas di wilayah Kota Yogyakarta.

Kegiatan workshop SDM PKH bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pendamping sosial yang mengalami perpindahan wilayah tugas (masih di dalam Kota Yogyakarta) agar segera beradaptasi dengan wilayah tugas yang baru dan menguatkan bonding antar pendamping sosial sebagai modal teamwork. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ucapan terima kasih terhadap pendamping sosial yang pindah wilayah tugas keluar Kota Yogyakarta (terdapat 9 SDM yang pindah keluar Kota Yogyakarta) dan agar tetap bertugas dengan baik di daerah yang baru dan ucapan selamat datang kepada 3 SDM baru yang akan bertugas di Kota Yogyakarta.

Workshop SDM PKH Tahun 2023 memiliki tema Penguatan Motivasi dan Bonding Antar SDM PKH Kota Yogyakarta dan di laksanakan pada hari Rabu tanggal 15 Februari 2023 di Ruang Bima Balaikota pukul 08.00 dengan narasumber Bapak Sekretaris Daerah Walikota Yogyakarta, Bapak Winarta (Ketua Dewan Penelitian dan Pengembangan Kota Yogyakarta) dan Dinas Sosial Tenaga Kerja Transmigrasi Kota Yogyakarta.

Acara workshop SDM PKH dimulai dengan laporan dan pembukaan dari Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dilanjutkan materi oleh Bapak Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta. Materi yang diberikan oleh Bapak Sekretaris Daerah mengenai penguatan motivasi bekerja dengan hati dan hati-hati. Selanjutnya Bapak Sekretaris Daerah juga menyampaikan bahwa pekerjaan yang dilakukan harus mengedepankan integritas seperti apa yang dinyanyikan pada mars PKH. Terakhir, beliau memberikan kenang-kenangan bagi SDM PKH yang dipindah tugaskan keluar kota.

Materi terakhir disampaikan oleh Bapak Winarta, beliau menyampaikan bahwa pendamping PKH harus mengetahui "siapa saya, ketugasan saya”. Selanjutnya, Bapak Winarta meminta SDM PKH untuk “sharing” dan “solid” dalam melakukan ketugasan sebagai pendamping PKH. Bapak Winarta mengakhiri materi dengan wejangan untuk saling bekerjasama dalam mengentaskan kemiskinan di Kota Yogyakarta. Kegiatan workhshop berjalan dengan lancar dan kondusif. Diharap dengan adanya workshop ini seluruh SDM PKH dapat lebih akrab dan bersemangat dalam bekerja. (Dhf)