Kelayan Terlantar Reunifikasi Keluarga

UPT Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Terlantar (RPSLUT) Budhi Dharma merupakan unit pelaksana teknis yang dimiliki oleh Dinsosnakertran Kota Yogyakarta. Adapun layanan yang diberikan oleh UPT RPSLUT Budhi Dharma yakni penyediaan sandang, permakanan, bimbingan fisik mental spiritual, dan reunifikasi keluarga. Reunifikasi keluarga adalah proses penyatuan kembali kelayan lanjut usia terlantar kepada pihak keluarga. Pelaksanaan reunifikasi kelayan didasarkan pada hasil asesmen yang telah dilakukan oleh pekerja sosial.

Salah satu reunifikasi telah dilakukan kepada Mr. S (89) asal Kecamatan Kraton. Sebelumnya kelayan yang menderita sakit stroke ditemukan tidur di teras rumah warga. Keluarga tidak mau menerima karena ada permasalahan internal. Sebenarnya, ia masih memiliki istri dan 2 orang anak namun kondisinya begitu memprihatinkan karena hanya menumpang di kamar petak pemberian warga. Setiap hari sang istri yang bekerja sebagai pemulung mengantarkan makanan untuknya. Akhirnya, berdasarkan laporan TKSK Kraton melaporkan Mr. S tersebut ke Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta. Tindak lanjut dilakukan oleh pekerja sosial yang melakukan visit ke lokasi kelayan dan merujuk kelayan ke RSUD untuk mendapatkan penanganan kesehatan terlebih dahulu.

Setelah 9 hari di RSUD Kota Yogyakarta, ia dinyatakan sembuh. Mr. S dibawa ke UPT RPSLUT Budhi Dharma. Berdasarkan hasil asesmen Mr. S masih terus menginginkan untuk tinggal dengan sang istri dan kedua anaknya. Akan tetapi karena tidak memiliki tempat tinggal yang memadai hal tersebut sulit dilakukan, apalagi dengan kondisi fisik yang membutuhkan perawatan. Hal tersebut tidak menyurutkan semangat pekerja sosial untuk berusaha menyatukan kembali keluarga Mr. S. Akhirnya, pada selasa 21 Maret 2023 dilakukan Case Conference yang melibatkan Kelurahan Panembahan, TKSK Kraton, UPT RPSLUT Budhi Dharma, Dinsosnakertrans, serta Yayasan Realino. Hasil pertemuan tersebut membuahkan hasil, yayasan Realino memiliki program tempat tinggal gratis bagi warga kurang mampu.

(Case Conference kasus Mr. S)

Pada jum’at 14 April 2023. Mr. S diantarkan oleh Pekerja sosial dan perawat UPT RPSLUT Budhi Dharma ke Rumah Yayasan Realino. Karena kondisi keluarga disana yang belum menentu, ia dibawakan bahan permakanan dan sedikit perlengkapan kesehatan. Sesampainya disana, kedatanganya sudah ditunggu anak dan isterinya. Mereka tampak bahagia melihat Mr. S dapat kembali berkumpul. Dalam pertemuan tersebut, pekerja sosial memberikan motivasi dan dukungan psikologis terhadap Mr. S dan keluarganya. Pekerja sosial juga berkoordinasi dengan Yayasan Realino yang telah memberikan tempat tinggal bagi keluarga S tentang kemungkinan apa saja yang dapat terjadi dan bagaimana keluarga tersebut dapat bertahan untuk selanjutnya.

(Pengantaran Mr. S ke Keluarga)

(Pemeriksaan Kesehatan Mr. S)

UPT RPSLUT Budhi Dharma tidak serta merta melepas Mr. S yang telah kembali ke keluarga. 2 minggu setelahnya yakni pada 27 April 2023, pekerja sosial dan perawat kembali mengunjungi Mr. S dan keluarganya untuk memastikan kondisinya baik-baik saja. Layanan luar panti yang diberikan yakni pengecekan kesehatan Mr. S dan pemberian bahan permakanan untuk keluarganya. Hasil menunjukkan hal yang positif, tidak ditemukan hal yang membahayakan. Mr. S dan keluarganya mengaku merasa lebih bahagia karena dapat berkumpul kembali. Meskipun kondisi tempat tinggalnya sederhana, menurut Mr. S dengan bersama anak dan istri ia menjadi lebih semangat menjalani hidup. Untuk terus bertahan hidup, istri Mr. S saat ini telah kembali bekerja sebagai pemulung di lingkungan sekitar rumahnya. Hasilnya memang tidak seberapa, tapi cukup untuk makan. Pada pertemuan tersebut, pekerja sosial turut memotivasi keluarga Mr. S dan terus memberikan dukungan secara psikologis agar dapat terus bertahan dan bersabar. Harapan UPT RPSLUT Budhi Dharma adalah agar Mr. S dapat meningkat kualitas hidupnya dan terus mengisi waktunya dengan penuh kebermaknaan bersama keluarga. Karena tempat terbaik bagi lansia adalah dengan keluarganya, bagaimanpun kondisinya UPT RPSLUT Budhi Dharma berkomitmen untuk terus dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi lanjut usia salah satunya melalui reunifikasi keluarga. (MIR)

(Pemberian Bahan Permakanan pada Keluarga Mr. S)