Kunjungan Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Ke KUBE PKH XVI MG 1 Soto Pak Unang

KUBE (Kelompok Usaha Bersama) merupakan salah satu program  pemerintah dalam pengentasan kemiskinan melalui usaha mikro untuk meningkatan kemampuan keluarga dalam memuhi kebutuhan sehari-hari agar keluarga bisa terentaskan dari garis kemiskinan. Dalam  pembinaan KUBE, dilakukan oleh pendamping yang memberikan pengarahan dalam menjalankan usaha dan pembukuan usaha. Tetapi ada beberapa KUBE yang tidak menghiraukan arahan dari pendamping sehingga KUBE tersebut tidak berkembang dan mati.

Pada tanggal 23 Juni 2023 Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta mengunjungi KUBE binaan yang berada di wilayah Kelurahan Wirogunan Kemantren Mergangsan, dimana anggota KUBE tersebut telah berhasil dalam mengembangkan usaha dan keluar / graduasi mandiri dari kepesertaan Program Keluarga Harapan (PKH). Keluarga Penerima Manfaat  PKH bernama Ibu Sukartinah tercatat sebagai penerima PKH Tahun 2012. Dari hasil wawancara dengan Ibu Sukartinah diperolah informasi bahwa beliau meneruskan usaha soto dari adiknya yang ditinggal pada tahun 2018.

Dari usaha tersebut ibu Suratinah mampu graduasi mandiri dan bisa membiayai anak-anaknya hingga lulus sekolah. Keluarga ibu Suratinah sudah bisa hidup layak dan pendapatan keluarga pun meningkat.