PENINGKATAN KAPASITAS BAGI TAGANA, PORDAM DAN KSB

Yogyakarta. Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, khususnya Seksi Perlindungan Sosial memiliki mitra dalam melakukan pelayanan sosial. Salah satu mitra tersebut adalah Taruna Siaga Bencana (Tagana), Tenaga Pelopor Perdamaian (Pordam), beserta keberadaan Kampung Siaga Bencana (KSB). Peningkatan pemahaman, wawasan dan keterampilan anggota Tagana, Pordam dan KSB penting untuk dilakukan, agar dapat meningkatkan keahlian konseptual dan teknis seluruh anggota.

Oleh karena itu, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan dan keterampilan melalui Kegiatan Peningkatan Kapasitas bagi Tagana, Pordam dan KSB.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Juni 2023 dan diikuti sebanyak 30 peserta, yang mana tujuan dari kegiatan ini adalah menambah wawasan dan memperkuat kapasitas petugas Perlindungan Sosial di Kota Yogyakarta untuk dapat melaksanakan kegiatan penanggulangan bencana dengan baik dan benar.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta,  Drs. Maryustion Tonang, M.M. dan dihadiri oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Supriyanto, S.ST.  serta FK Tagana Provinsi DIY. Rangkaian acara terdiri dari  dua kegiatan yaitu Lokakarya untuk membahas mengenai kegiatan kaji cepat (assessment) jika terjadi bencana dan sistem pelaporannya serta membahas mengenai kolaborasi multipihak dalam penanganan bencana serta Simulasi pelatihan memasak menggunakan Mobil Dapur Umum Lapangan (Dumlap).