SINERGITAS DAN KOLABORASI UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI TRANSMIGRASI

Luar biasa dan terimakasih, kepada Bapak  Pj  Gubernur Sulawesi Barat Prof. Zudan Arif Fakrulloh  dan Bupati Mamuju Tengah  H. Aras Tammauni, itulah kesan  ketika kami hadir menapakkan kaki di bumi Mamuju Tengah dalam rangka melaksanakan peninjauan lokasi dan koordinasi penempatan transmigran dari DIY di Lokasi SP Salulisu Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat pada tanggal 26-27 Juni 2023.

Kehadiran kami dipimpin oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY Aria Nugrahadi ST.M.Eng yang  diikuti dari unsur  personil Kemdesa PDTT RI , Dinas Transmigrasi Sulawesi Barat , Kepala Dinas Transmigrasi  dan staf Kab. Mamuju Barat, Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah  dan Tenaga Kerja Kabupaten GunungKidul dan staf  dan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi  Kota Yogyakarta dan staf

Sebagai daerah tujuan transmigrasi, peran  Kemendesa PDTT, Propinsi Sulawesi Barat , Kabupaten Mamuju Tengah adalah menyiapkan lahan , infrastruktur dan rumah tinggal serta jadup ( jaminan hidup) diperuntukkan bagi transmigran dr beberapa daerah di jawa termasuk DIY. Sedangkan peran dari Pemerintah Provinsi dan  kabupaten/ kota daerah asal adalah menyiapkan calon transmigran , memberikan pelatihan , perbekalan serta bantuan tunai untuk uang saku  dan tranport dari daerah asal menuju ke  daerah tujuan  bagi transmigran.

Struktur tanah yg subur, ketersediaan air yang  cukup, infrastruktur jalan dan jaringan listrik, fasilitas pendidikan dan kesehatan di lahan transmigrasi menjadi faktor penting terhadap keberhasilan program transmigrasi disamping karakter masyarakat setempat, Sinergitas dan  kolaborasi Pemerintah Pusat, Propinsi dan Kabupaten / kota dan masyarakat menjadi kata kunci keberhasilan program transimigrasi. (MT)