Tagana Masuk Sekolah bersama Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta

Yogyakarta (11/07) Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Yogyakarta mengawali Kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS) di SD Negeri Karanganyar. Tagana Masuk Sekolah ini merupakan program sinergis antara Kementerian Sosial RI dan Kementerian Pendidikan, serta merupakan implementasi dari surat edaran bersama Menteri Pendidikan Nomor 1 Tahun 2019 tentang mitigasi kebencanaan di satuan pendidikan melalui program TMS. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi siswa  - siswi sehingga memiliki kecakapan dan kemampuan dalam menghadapi bencana.

Kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS) hari ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 dengan peserta kurang lebih 70 orang yang terdiri dari siswa – siswi kelas 1 hingga 6. Rangkaian acara dimulai dengan materi awal terkait kesiapsiagaan bencana dari rekan – rekan Tagana Kota Yogyakarta kemudian dilanjutkan dengan simulasi bencana gempa bumi dan pemberian stiker titik kumpul evakuasi agar ditempel di lingkungan sekolah.

Harapan kedepannya siswa - siswi dapat mengimplementasikan pemahaman bencana kepada keluarga, teman dan masyarakat yang ada di lingkungannya tentang potensi bencana.