Laporan Survey Kepuasan Masyarakat Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Tahun 2023 Periode II

LAPORAN SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT (SKM)

DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI

KOTA YOGYAKARTA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TAHUN 2023

SEMESTER II

 

 

 

 

BAB I

                                          PENDAHULUAN

 

  1. Pendahuluan

Reformasi birokrasi yang telah lama digulirkan sebetulnya memiliki sasaran mendasar berupa perubahan mindset (pola pikir) SDM aparatur dan sistem yang berjalan yang dapat mengendalikan organisasi, tata laksana, SDM aparatur, pengawasan dan pelayanan publik. Peningkatan kualitas pelayanan publik bertujuan untuk meraih kepercayaan publik terhadap kinerja penanggungjawab, penyelenggara dan pelaksana pelayanan publik serta meningkatkan efektifitas komunikasi dan interaksi antara penanggungjawab, penyelenggara dan pelaksana pelayanan publik dengan masyarakat pengguna pelayanan.  Dengan perkembangan yang sangat pesat ini, tuntutan pengguna layanan juga semakin meningkat, salah satunya pelayanan yang ramah dan service excellent. Pentingnya pelayanan terhadap pengguna layanan juga merupakan strategi dalam rangka meningkatkan kepuasan masyarakat.

Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. SKM bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya.   Pengukuran kepuasan merupakan elemen penting dalam proses evaluasi kinerja dimana tujuan akhir yang hendak dicapai adalah menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih efektif berbasis dari kebutuhan masyarakat. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna layanan. Kepuasan masyarakat dapat juga dijadikan acuan bagi berhasil  atau tidaknya pelaksanaan program yang dilaksanakan pada suatu lembaga layanan publik.

Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat merupakan kegiatan yang sangat penting karena hasilnya dapat bermanfaat sebagai berikut :

  1. Diketahuinya tingkat kinerja penyelenggaraan pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit pelayanan publik secara periodik.
  2. Adanya data perbandingan antara harapan dan kebutuhan dengan pelayanan melalui informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik.
  3. Diketahuinya tingkat kepuasan pelayanan melalui hasil pendapat dan penilaian masyarakat terhadap kinerja pelayanan yang diberikan oleh aparatur penyelenggara pelayanan publik.
  4. Diketahuinya kelemahan atau kekurangan dari masing-masing unsur dalam penyelenggara pelayanan publik.
  5. Sebagai sarana pengawasan bagi masyarakat terhadap kinerja pelayanan (Perangkat Daerah atau Unit Pelaksana SKM).
  6. Diketahuinya indeks kepuasan masyarakat secara menyeluruh terhadap hasil pelaksanaan pelayanan publik pada Perangkat Daerah atau Unit Pelaksana SKM.

Pengukuran Suvey Kepuasan Masyarakat (SKM) di Pemerinah Kota Yogyakarta dijadikan tolok ukur untuk mengetahui kinerja Perangkat Daerah/Unit Kerja dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat. Hasil pengukuran SKM dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi Perangkat Daerah /Unit Kerja untuk memperbaiki kinerja pelayanan publik. Pengukuran Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengukuran Survey Kepuasan Masyarakat dan Peraturan Wali Kota Yogyakarta Nomor 63 Tahun 2017 tentang Pedoman Survey Kepuasan Masyarakat di Pemerintah Kota Yogyakarta. Dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan pelayanan publik khususnya pengguna jasa layanan, maka Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta melakukan pengukuran SKM secara rutin sebagai bahan evaluasi terhadap kinerja pelayanan yang telah dilakukan oleh pegawai di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta kepada Masyarakat selaku pengguna layanan.

  1. Maksud dan Tujuan SKM

                    Maksud dan tujuan dari kegiatan Pengukuran Survey Kepuasan Masyarakat adalah :

  1. Untuk mengetahui dan mempelajari tingkat kinerja Perangkat Daerah atau Unit Pelaksana SKM secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya.
  2. Untuk mengetahui harapan dan kebutuhan dengan pelayanan melalui data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur peyelenggara pelayanan publik.
  3. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan melalui hasil pendapat dan penilaian masyarakat terhadap kinerja pelayanan yang diberikan oleh aparatur penyelenggara pelayanan publik.
  4. Sebagai sarana pengawasan bagi masyarakat terhadap kinerja pelayanan. (Perangkat Daerah atau Unit Pelaksana SKM).
  5. Untuk mengetahui dan mempelajari segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan, maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  1. Metode Pengukuran

Nilal SKM dihitung dengan menggunakan “nilai rata‑rata tertimbang” masing‑masing unsur pelayanan. Dalam penghitungan indeks kepuasan masyarakat terhadap 9 unsur pelayanan yang dikaji, setiap unsur pelayanan memiliki penimbang yang sama. Adapun pengolahan data dilakukan secara manual dengan ketentuan sebagai berikut :

a)    Data isian kuesioner dari setiap responden dimasukkan ke dalam formulir mulai dari unsur 1 (U1) sampai dengan unsur 9 (U9).

b)    Langkah selanjutnya untuk mendapatkan nilai rata ‑ rata per unsur pelayanan dan nilai indeks unit pelayanan adalah sebagai berikut:

  1. Nilai rata‑rata per unsur pelayanan. Nilai masing‑masing unsur pelayanan dijumlahkan (kebawah) sesuai dengan jumlah kuesioner yang diisi oleh responden, kemudian untuk mendapatkan nilai rata‑rata per unsur pelayanan, jumlah nilai masing‑masing unsur pelayanan dibagi dengan jumlah responden yang mengisi. Untuk mendapatkan nilai rata‑rata tertimbang per unsur pelayanan jumlah nilai rata‑rata per unsur pelayanan dikalikan dengan 0,0625 sebagai nilai bobot rata‑rata tertimbang.
  2. Nilai indeks pelayanan. Untuk mendapatkan nilai indeks unit pelayanan, dengan cara menjumlahkan 9 unsur dari nilai rata‑rata tertimbang.

Hasil akhir kegiatan penyusunan survey kepuasan masyarakat dari setiap unit pelayanan instansi pemerintah, disusun dengan materi utama sebagai berikut:

                         1.   Indeks per unsur pelayanan

Berdasarkan hasil penghitungan indeks kepuasan masyarakat, jumlah nilai dari setiap unit pelayanan diperoleh dari jumlah nilai rata‑rata setiap unsur pelayanan. Sedangkan nilai indeks komposit (gabungan) untuk setiap unit pelayanan, merupakan jumlah nilai rata‑rata dari setiap unsur pelayanan dikalikan dengan penimbang yang sama, yaitu 0,0625.

                         2.    Prioritas peningkatan kualitas pelayanan

Dalam peningkatan kualitas pelayanan, diprioritaskan pada unsur yang mempunyai nilai paling rendah, sedangkan unsur yang mempunyai nilai cukup tinggi harus tetap dipertahankan.

  1. Tim SKM

Tim penyusun SKM Tahun 2023 pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta sebagai berikut :

Penanggungjawab       : Drs Maryustion Tonang, MM

Ketua                           : Fery Edie Sunantyo, SKM, M.P.H

Anggota                      :  1. Ariana Intan Nurlitarini, S.H.,M.Si

                                       2. Polana Setiya Hati, S.Si.,M.Si

                                       3. Tri Oktavia Marjani, S.I.P.,M.M

                                       4. Agus Budi Hartono, S.Ikom.,M.Eng

                                       5. Ragil Destiana, S.Pd.

                                       6. Thissani Indian Musi, SP

                                       7. Erva Wifata, S.Sos.

                                       8. Yogawati, S.Sos.

                                       9. Mohammad Soko Marhendi, SIP

                                     10. Shadri Saputra, SIP

                                     11. Irmalia Nurjanah, S.Sos.

                                     12. Riyani Budi Utami, S.Tr.Sos.

                                     13. Lingga Sakti Kusuma, S.E.

                                    14. Hisyam Wirayuda, S.E.

                                    15. Prayitno, S.Pd.I

                                    16. Dena Miftakhul Jannah, A.Md.

                                    17. Ikha Tasfiria, SHI

                                    18. Septarini Fatmawati, S.Psi.

                                    19. Kurnianingsih, S.Pd.

Tugas Tim adalah sebagai  berikut :

  1. Penanggungjawab :
        1. Merencanakan dan mengkoordinir kegiatan pengukuran SKM mulai dari proses pencermatan instrument, pengolahan data hingga penyusunan laporan.
        2. Melaporkan hasil pengukuran SKM kepada Wali Kota Yogyakarta melalui Bagian Organisasi.
  2. Ketua

Mencatat dan mendokumentasikan kegiatan pengukuran SKM pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta.

  1. Anggota
  1. Menggandakan dan mendistribusikan instrument.
  2. Mengidentifikasi masyarakat yang pernah menerima pelayanan di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta yang akan dijadikan responden.
  3. Melakukan entry data.
  4. Mengolah data dan menyusun laporan hasil SKM.
  1. Jadwal Pelaksanaan SKM

Tatakala kegiatan penyusunan SKM pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan  Transmigrasi Kota Yogyakarta sebagai berikut :

No

Kegiatan

AGUSTUS

SEPTEMBER

DESEMBER

I

II

III

IV

I

II

III

IV

I

II

III

IV

 

1

Rapat Koordinasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Pencermatan Instrumen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Penggandaan Instrumen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Pendistribusian Instrumen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Entry Data

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Olah Data

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Penyusunan Laporan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Adapun penyiapan bahan dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :

    1. Kuesioner

Dalam penyusunan SKM digunakan kuesioner sebagai alat bantu pengumpulan data kepuasan masyarakat penerima pelayanan. Kuesioner disusun berdasarkan tujuan survei terhadap tingkat kepuasan masyarakat. Bentuk kuesioner sebagaimana terlampir.

Bagian dari Kuesioner

Kuesioner dibagi atas 3 (tiga) bagian yaitu:

Bagian I               : Identitas responden meliputi usia, jenis kelamin, pendidikan, yang berguna untuk menganalisis profil responden dalam penilaiannya terhadap unit pelayanan instansi pemerintah.

Bagian II              : Mutu pelayanan publik adalah  pendapat penerima, atas pelayanan  yang memuat kesimpulan atau pendapat responden terhadap unsur‑unsur pelayanan yang dinilai.

Bagian III             : Pendapat penerima pelayanan terhadap sarana dan prasarana ruang pelayanan public yang ada di lingkungan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta

    1. Bentuk Jawaban

Bentuk jawaban pertanyaan dari setiap unsur pelayanan secara umum mencerminkan tingkat kualitas pelayanan, yaitu dari yang sangat baik sampai dengan tidak baik. Untuk kategori tidak baik diberi nilai persepsi 1, kurang baik diberi nilai persepsi 2, baik diberi nilai 3, sangat baik diberi nilai persepsi 4.

                                                 

BAB II

ANALISA HASIL SURVEY

 

  1. Data Kuesioner

Pengukuran Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta dilakukan terhadap seluruh masyarakat yang pernah diberi pelayanan di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta. Dari sejumlah kuesioner yang telah didistribusikan, jumlah kuesioner yang kembali ke Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta sebanyak  100%.

Skala pengukuran yang digunakan dalam analisis data adalah skala likert. Skala likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial. (Sugiyono, 2008:107).

Dengan skala likert, maka variabel yang akan diukur dijabarkan menjadi indikator variabel. Kemudian indikator tersebut dijadikan sebagai titik tolak untuk menyusun item-item instrument yang dapat berupa pernyataan atau pertanyaan.

Berikut ini karakteristik responden survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta :

    1. Pelayanan AK1 (Kartu Kuning)

1. Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

Berdasarkan jumlah kuesioner yang masuk sebanyak 259 Orang, dapat dijelaskan bahwa responden pengisian survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling banyak berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 169 Orang (65%) dan responden perempuan sebanyak 90 Orang (35%). Data responden berdasarkan jenis kelamin dijelaskan dalam Tabel 2.1 berikut ini :

Tabel 2.1

Data Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

No

Jenis Kelamin

Jumlah

Prosentase

1

Laki-Laki

169

65%

2

Perempuan

90

35%

 

  1. Karakteristik Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Jika dilihat dari tingkat pendidikan, responden pengisi kuesioner survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling banyak berpendidikan SMA yaitu sebanyak 132 Orang (50,96%), kemudian disusul dengan responden berpendidikan D4, S1 sebanyak 69 Orang (26,64%). Responden berpendidikan D1, D2, D3 sebanyak 19 Orang (7,33%), berpendidikan SMP sebanyak 13 Orang (5,01%), SD sebanyak 13 Orang (5,01%), S2 sebanyak 13 Orang (5,01%). Data responden berdasarkan tingkat pendidikan dijabarkan dalam table 2.2 berikut ini :

                                           Tabel 2.2

Data Responden Berdasar kan Tingkat Pendidikan

No

Tingkat Pendidikan

Jumlah

Prosentase

1

SD

13

5,01%

2

SMP

13

5,01%

3

SMA

132

50,96%

4

D1, D2, D3

19

7,33%

5

D4, S1

69

26,64%

6

S2

13

5,01%

Total

259

100%

Sumber : Data Primer diolah

  1. Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

Berdasarkan hasil Survey Kepuasan Masyarakat dalam menggunakan pelayanan AK1 (Kartu Kuning) yang terdapat dalam pelayanan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, setelah pengolahan data survey yang masuk maka hasil survey kepuasan masyarakat dengan nilai terendah terdapat pada unsur Sistem, Mekanisme, Prosedur dengan Nilai Rata-Rata 3.367 dan nilai tertinggi terdapat pada unsur Biaya/Tarif dan Sarana, Prasarana dengan nilai Rata-Rata 3.548 seperti terdapat dalam tabel 2.3 berikut :

Tabel 2.3

Data Laporan Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

LAPORAN SKM UNIT PELAYANAN   : AK1 (Kartu Kuning)

NO

UNSUR PELAYANAN

NILAI RATA-RATA

1

Persyaratan

3.413

2

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

3.367

3

Waktu Penyelesaian

3.502

4

Biaya/Tarif

3.548

5

Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

3.424

6

Kompetensi Pelaksana

3.505

7

Perilaku Pelaksana

3.484

8

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

3.523

9

Sarana dan Prasarana

3.548

 

 

 

NRR

3.476

IKM Unit Pelayanan

86.90

Mutu Pelayanan

B

Kinerja Unit Pelayanan

BAIK

 

 

 
    1. Pelayanan Bursa Kerja Khusus, Tenaga Kerja Asing, Pekerja Migran Indonesia, Info Lowongan Kerja

1. Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

Berdasarkan jumlah kuesioner yang masuk sebanyak 1 Orang, dapat dijelaskan bahwa responden pengisian survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling banyak berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 1 Orang (100%). Data responden berdasarkan jenis kelamin dijelaskan dalam Tabel 2.4 berikut ini :

Tabel 2.4

Data Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

No

Jenis Kelamin

Jumlah

Prosentase

1

Laki-Laki

1

100%

2

Perempuan

0

0%

  1. Karakteristik Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Jika dilihat dari tingkat pendidikan, responden pengisi kuesioner survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling banyak berpendidikan SMA yaitu sebanyak 1 Orang (100%). Data responden berdasarkan tingkat pendidikan dijabarkan dalam table 2.5 berikut ini :     

Tabel 2.5

Data Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan

No

Tingkat Pendidikan

Jumlah

Prosentase

1

SD

0

0%

2

SMP

0

0%

3

SMA

1

100%

5

S1

0

0%

Total

1

100%

Sumber : Data Primer diolah

  1. Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

Berdasarkan hasil Survey Kepuasan Masyarakat dalam menggunakan pelayanan Bursa Kerja Khusus, Tenaga Kerja Asing, Pekerja Migran Indonesia, Info Lowongan Kerja yang terdapat dalam pelayanan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, setelah pengolahan data survey yang masuk maka hasil survey kepuasan masyarakat dengan nilai terendah terdapat pada unsur Persyaratan, Waktu Penyelesaian, Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan, Kompetensi Pelaksana dan Perilaku Pelaksana dengan Nilai Rata-Rata 3.000 dan nilai tertinggi terdapat pada unsur sistem, mekanisme dan prosedur, biaya/tarif, penanganan pengaduan saran dan masukan dan sarana prasarana dengan Nilai Rata-Rata 4.000 seperti terdapat dalam tabel 2.6 berikut :

Tabel 2.6

Hasil Laporan Survey Kepuasan Masyarakat

LAPORAN SKM UNIT PELAYANAN   : BURSA KERJA KHUSUS, TENAGA KERJA ASING, PEKERJA MIGRAN INDONESIA, INFO LOWONGAN KERJA

NO

UNSUR PELAYANAN

NILAI RATA-RATA

1

Persyaratan

3.000

2

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

4.000

3

Waktu Penyelesaian

3.000

4

Biaya/Tarif

4.000

5

Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

3.000

6

Kompetensi Pelaksana

3.000

7

Perilaku Pelaksana

3.000

8

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

4.000

9

Sarana dan Prasarana

4.000

NRR

3.441

IKM Unit Pelayanan

86.03

Mutu Pelayanan

B

Kinerja Unit Pelayanan

BAIK

 

 

 

 
    1. Pelayanan Pengesahan Peraturan Perusahaan, Pencatatan Serikat Kerja, Pencatatan PKWT, Perselisihan Hubungan Industrial, Aduan Pengupahan, Aduan BPJS Ketenagakerjaan
        1.  Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

Berdasarkan jumlah kuesioner yang masuk sebanyak 28 Orang, dapat dijelaskan bahwa responden pengisian survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling banyak berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 15 Orang (53,57%) dan responden perempuan sebanyak 13 Orang (46,43%). Data responden berdasarkan jenis kelamin dijelaskan dalam Tabel 2.7 berikut ini :

Tabel 2.7

Data Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

No

Jenis Kelamin

Jumlah

Prosentase

1

Laki-Laki

15

53,57%

2

Perempuan

13

46,43%

        1. Karakteristik Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Jika dilihat dari tingkat pendidikan, responden pengisi kuesioner survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling banyak berpendidikan D4, S1 yaitu sebanyak 11 Orang (39,28%), kemudian disusul dengan responden berpendidikan SMA sebanyak 7 Orang (25%). Responden berpendidikan D1, D2, D3 sebanyak 6 Orang (21,43%), berpendidikan S2 sebanyak 4 Orang (14,29%) Data responden berdasarkan tingkat pendidikan dijabarkan dalam tabel 2.8 berikut ini :

Tabel 2.8

Data Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan

No

Tingkat Pendidikan

Jumlah

Prosentase

1

SD

0

0%

2

SMP

0

0%

3

SMA

7

25%

4

D1, D2, D3

6

21,43%

5

D4, S1

11

39,28%

6

S2

4

14,29%

Total

28

100%

Sumber : Data Primer diolah

 

 

        1. Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

Berdasarkan hasil Survey Kepuasan Masyarakat dalam menggunakan pelayanan Pengesahan Peraturan Perusahaan, Pencatatan Serikat Kerja, Pencatatan PKWT, Perselisihan Hubungan Industrial, Aduan Pengupahan, Aduan BPJS Ketenagakerjaan yang terdapat dalam pelayanan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, setelah pengolahan data survey yang masuk maka hasil survey kepuasan masyarakat dengan nilai terendah terdapat pada unsur Persyaratan, Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan, Penanganan pengaduan, saran dan masukan dengan Nilai Rata-Rata 3.357 dan nilai tertinggi terdapat pada unsur Biaya/Tarif dengan Nilai Rata-Rata 4.000 seperti terdapat dalam table 2.9 berikut :

Tabel 2.9

Data Hasil Laporan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

LAPORAN SKM UNIT PELAYANAN : PENGESAHAN PERATURAN PERUSAHAAN, PENCATATAN SERIKAT KERJA, PENCATATAN PKWT, PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL, ADUAN PENGUPAHAN, ADUAN BPJS KETENAGAKERJAAN

NO

UNSUR PELAYANAN

NILAI RATA-RATA

1

Persyaratan

3.357

2

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

3.464

3

Waktu Penyelesaian

3.393

4

Biaya/Tarif

4.000

5

Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

3.357

6

Kompetensi Pelaksana

3.536

7

Perilaku Pelaksana

3.607

8

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

3.357

9

Sarana dan Prasarana

3.964

     

NRR

3.556

IKM Unit Pelayanan

88.90

Mutu Pelayanan

A

Kinerja Unit Pelayanan

SANGAT BAIK

 

 

 
    1. Pelayanan Informasi Transmigrasi :
      1. Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

Berdasarkan jumlah kuesioner yang masuk sebanyak 4 Orang, dapat dijelaskan bahwa responden pengisian survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta berjenis kelamin perempuan sebanyak 2 Orang (50%) dan Laki-laki sebanyak 2 Orang (50%). Data responden berdasarkan jenis kelamin dijelaskan dalam Tabel 2.10 berikut ini :

Tabel 2.10

Data Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

No

Jenis Kelamin

Jumlah

Prosentase

1

Perempuan

2

50%

2

Laki-laki

2

50%

Total

4

100%

                   Sumber : Data Primer diolah

      1. Karakteristik Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Jika dilihat dari tingkat pendidikan, responden pengisi kuesioner survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling banyak berpendidikan SMA yaitu sebanyak 3 Orang (75%) dan D4, S1 sebanyak 1 Orang (25%) Data responden berdasarkan tingkat pendidikan dijabarkan dalam table 2.11 berikut ini :

Tabel 2.11

Data Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan

No

Tingkat Pendidikan

Jumlah

Prosentase

1

SMA

3

75%

2

D4, S1

1

25%

Total

4

100%

Sumber : Data Primer diolah

      1. Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

Berdasarkan hasil Survey Kepuasan Masyarakat dalam menggunakan pelayanan Informasi Transmigrasi yang terdapat dalam pelayanan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, setelah pengolahan data survey yang masuk maka hasil survey kepuasan masyarakat dengan nilai terendah terdapat pada unsur Persyaratan, Waktu penyelesaian, Produk spesifikasi jenis pelayanan, Kompetensi pelaksana, Perilaku pelaksana dengan Nilai Rata-Rata 3.500 dan nilai tetinggi terdapat pada unsur Biaya/Tarif dan Sarana dan Prasarana dengan Nilai Rata-Rata 4.000 seperti terdapat dalam tabel 2.12 berikut :

Tabel 2.12

Data Hasil Laporan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

LAPORAN SKM UNIT PELAYANAN   : KETENAGAKERJAAN  dan TRANSMIGRASI

NO

UNSUR PELAYANAN

NILAI RATA-RATA

1

Persyaratan               

3.500

2

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

3.750

3

Waktu Penyelesaian

3.500

4

Biaya/Tarif

4.000

5

Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

3.500

6

Kompetensi Pelaksana

3.500

7

Perilaku Pelaksana

3.500

8

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

3.750

9

Sarana dan Prasarana

4.000

     

NRR

3.663

IKM Unit Pelayanan

91.58

Mutu Pelayanan

A

Kinerja Unit Pelayanan

SANGAT BAIK

    1. Pelayanan Pendaftaran Pelatihan, Rekomendasi Perizinan LPK
        1. Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

Berdasarkan jumlah kuesioner yang masuk sebanyak 100 Orang, dapat dijelaskan bahwa responden pengisian survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling banyak berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 74 Orang (74%) dan responden laki-laki sebanyak 26 Orang (26%). Data responden berdasarkan jenis kelamin dijelaskan dalam Tabel 2.13 berikut ini :

Tabel 2.13

Data Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

No

Jenis Kelamin

Jumlah

Prosentase

1

Laki-Laki

26

26%

2

Perempuan

74

74%

        1. Karakteristik Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Jika dilihat dari tingkat pendidikan, responden pengisi kuesioner survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling banyak berpendidikan SMA yaitu sebanyak 50 Orang (50%), kemudian disusul dengan responden berpendidikan D4, S1 sebanyak 30 Orang (30%), Responden berpendidikan D1, D2, D3 sebanyak 12 Orang (12%), responden berpendidikan S2 sebanyak 3 Orang (3%), responden berpendidikan SMP sebanyak 3 Orang (3%), responden berpendidikan SD sebanyak 2 Orang (2%) Data responden berdasarkan tingkat pendidikan dijabarkan dalam tabel 2.14 berikut ini :

Tabel 2.14

Data Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan

No

Tingkat Pendidikan

Jumlah

Prosentase

1

SD

2

2%

2

SMP

3

3%

3

SMA

50

50%

4

D1, D2, D3

12

12%

5

D4, S1

30

30%

6

S2

3

3%

Total

26

100%

        1. Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

Berdasarkan hasil Survey Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Pendaftaran Pelatihan, Rekomendasi Perizinan LPK yang terdapat dalam pelayanan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, setelah pengolahan data survey yang masuk maka hasil survey kepuasan masyarakat dengan nilai terendah terdapat pada unsur Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan dan Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan dengan nilai Rata-Rata 3.340 dan dengan nilai tertinggi terdapat pada unsur Biaya/Tarif dengan Nilai Rata-Rata 3.910 seperti terdapat dalam table 2.15 berikut :

Tabel 2.15

Data Hasil Laporan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

LAPORAN SKM UNIT PELAYANAN: PENDAFTARAN PELATIHAN, REKOMENDASI PERIZINAN LPK

NO

UNSUR PELAYANAN

NILAI RATA-RATA

1

Persyaratan

3.350

2

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

3.390

3

Waktu Penyelesaian

3.390

4

Biaya/Tarif

3.910

5

Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

3.340

6

Kompetensi Pelaksana

3.410

7

Perilaku Pelaksana

3.390

8

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

3.340

9

Sarana dan Prasarana

3.890

     

NRR

3.487

IKM Unit Pelayanan

87.16

Mutu Pelayanan

B

Kinerja Unit Pelayanan

BAIK

    1. Pelayanan Rekomendasi Kesehatan, Rekomendasi Pendidikan, Aduan ODGJ
        1. Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

Berdasarkan jumlah kuesioner yang masuk sebanyak 371 Orang, dapat dijelaskan bahwa responden pengisian survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling banyak berjenis kelamin Perempuan yaitu sebanyak 241 Orang (64,95%) dan responden Laki-laki sebanyak 130 Orang (35,05%). Data responden berdasarkan jenis kelamin dijelaskan dalam Tabel 2.16 berikut ini :

Tabel 2.16

Data Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

No

Jenis Kelamin

Jumlah

Prosentase

1

Laki-Laki

130

35,05%

2

Perempuan

241

64,95%

Total

371

100%

        1. Karakteristik Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Jika dilihat dari tingkat pendidikan, responden pengisi kuesioner survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling banyak berpendidikan SMA yaitu sebanyak 214 Orang (57,68%), kemudian disusul dengan responden berpendidikan SMP sebanyak 62 Orang (16,71%), Responden berpendidikan SD sebanyak 43 Orang (11,59%), responden berpendidikan D4, S1 sebanyak 32 Orang (8,63%) dan responden berpendidikan D1, D2, D3 sebanyak 20 Orang (5,39%) Data responden berdasarkan tingkat pendidikan dijabarkan dalam tabel 2.17 berikut ini :

Tabel 2.17

Data Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan

No

Tingkat Pendidikan

Jumlah

Prosentase

1

SD

43

11,59%

2

SMP

62

16,71%

3

SMA

214

57,68%

4

D1, D2, D3

20

5,39%

5

D4, S1

32

8,63%

Total

371

100%

Sumber : Data Primer diolah

 

 

        1. Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

Berdasarkan hasil Survey Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Rekomendasi Kesehatan, Rekomendasi Pendidikan, Aduan ODGJ yang terdapat dalam pelayanan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, setelah pengolahan data survey yang masuk maka hasil survey kepuasan masyarakat dengan nilai terendah terdapat pada unsur waktu penyelesaian dengan Nilai Rata-Rata 3.302 dan dengan nilai tertinggi terdapat pada unsur Sarana dan Prasarana dengan Nilai Rata-Rata 3.930 seperti terdapat dalam table 2.18 berikut :

Tabel 2.18

Data Hasil Laporan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

LAPORAN SKM UNIT PELAYANAN : REKOMENDASI KESEHATAN, REKOMENDASI PENDIDIKAN, ADUAN ODGJ

NO

UNSUR PELAYANAN

NILAI RATA-RATA

1

Persyaratan

3.391

2

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

3.377

3

Waktu Penyelesaian

3.302

4

Biaya/Tarif

3.900

5

Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

3.337

6

Kompetensi Pelaksana

3.501

7

Perilaku Pelaksana

3.520

8

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

3.410

9

Sarana dan Prasarana

3.930

NRR

3.515

IKM Unit Pelayanan

87.88

Mutu Pelayanan

B

Kinerja Unit Pelayanan

BAIK

    1. Pelayanan Santunan Kematian, Orang Terlantar Kehabisan Bekal
        1. Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

Berdasarkan jumlah kuesioner yang masuk sebanyak 367 Orang, dapat dijelaskan bahwa responden pengisian survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling banyak berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 193 Orang (52,59%) dan responden laki-laki sebanyak 174 Orang (47,41%). Data responden berdasarkan jenis kelamin dijelaskan dalam Tabel 2.19 berikut ini :

Tabel 2.19

Data Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

No

Jenis Kelamin

Jumlah

Prosentase

1

Laki-Laki

174

47,41%

2

Perempuan

193

52,59%

Total

367

100%

        1. Karakteristik Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Jika dilihat dari tingkat pendidikan, responden pengisi kuesioner survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling banyak berpendidikan SMA yaitu sebanyak 217 Orang (59,13%), kemudian disusul dengan responden berpendidikan SMP sebanyak 55 Orang (14,98%). Responden berpendidikan D4, S1 sebanyak 46 Orang (12,53%), responden berpendidikan D1, D2, D3 sebanyak 26 orang (7,1%) dan responden berpendidikan SD sebanyak 23 orang (6,26%) Data responden berdasarkan tingkat pendidikan dijabarkan dalam tabel 2.20 berikut ini :

Tabel 2.20

Data Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan

No

Tingkat Pendidikan

Jumlah

Prosentase

1

SD

23

6,26%

2

SMP

55

14,98%

3

SMA

217

59,13%

4

D1, D2, D3

26

7,1%

5

D4, S1

46

12,53%

Total

367

100%

Sumber : Data Primer diolah

 

        1. Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

Berdasarkan hasil Survey Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Santunan Kematian, Orang Terlantar Kehabisan Bekal yang terdapat dalam pelayanan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, setelah pengolahan data survey yang masuk maka hasil survey kepuasan masyarakat dengan nilai terendah terdapat pada unsur Waktu Penyelesaian dengan Nilai Rata-Rata 3.411 dan nilai tertinggi terdapat pada unsur Biaya/Tarif dengan Nilai Rata-Rata 3.940 seperti terdapat dalam table 2.21 berikut :

Tabel 2.21

Data Hasil Laporan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

LAPORAN SKM UNIT PELAYANAN   : SANTUNAN KEMATIAN, ORANG TERLANTAR KEHABISAN BEKAL

NO

UNSUR PELAYANAN

NILAI RATA-RATA

1

Persyaratan

3.537

2

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

3.545

3

Waktu Penyelesaian

3.411

4

Biaya/Tarif

3.940

5

Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

3.501

6

Kompetensi Pelaksana

3.586

7

Perilaku Pelaksana

3.594

8

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

3.463

9

Sarana dan Prasarana

3.894

NRR

3.604

IKM Unit Pelayanan

90.11

Mutu Pelayanan

A

Kinerja Unit Pelayanan

SANGAT BAIK

    1. Pelayanan KMS, DTKS, PBI
        1. Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

Berdasarkan jumlah kuesioner yang masuk sebanyak 161 Orang, dapat dijelaskan bahwa responden pengisian survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling banyak berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 107 Orang (66,46%) dan responden laki-laki sebanyak 54 Orang (33,54%). Data responden berdasarkan jenis kelamin dijelaskan dalam Tabel 2.22 berikut ini :

Tabel 2.22

Data Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

No

Jenis Kelamin

Jumlah

Prosentase

1

Laki-Laki

54

33,54%

2

Perempuan

107

66,46%

Total

161

100%

        1. Karakteristik Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Jika dilihat dari tingkat pendidikan, responden pengisi kuesioner survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling banyak berpendidikan SMA yaitu sebanyak 95 Orang (59%), kemudian disusul dengan responden berpendidikan SMP sebanyak 20 Orang (12,42%). Responden berpendidikan D1, D2, D3 sebanyak 17 Orang (10,55%), Responden berpendidikan SD sebanyak 15 Orang (9,32%) dan responden berpendidikan D4/S1 sebanyak 14 orang (8,7%).  Data responden berdasarkan tingkat pendidikan dijabarkan dalam tabel 2.23 berikut ini :

Tabel 2.23

Data Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan

No

Tingkat Pendidikan

Jumlah

Prosentase

1

SD

15

9,32%

2

SMP

20

12,42%

3

SMA

95

59%

4

D1, D2, D3

17

10,55%

5

D4, S1

14

8,7%

Total

161

100%

Sumber : Data Primer diolah

 

        1. Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

Berdasarkan hasil Survey Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan KMS, DTKS, PBI yang terdapat dalam pelayanan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, setelah pengolahan data survey yang masuk maka hasil survey kepuasan masyarakat dengan nilai terendah terdapat pada unsur Waktu Penyelesaian dengan Nilai Rata-Rata 3.360 dan nilai tertinggi terdapat pada unsur Biaya/Tarif dengan Nilai Rata-Rata 3.925 seperti terdapat dalam table 2.24 berikut :

Tabel 2.24

Data Hasil Laporan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

LAPORAN SKM UNIT PELAYANAN   : KMS, DTKS, PBI

NO

UNSUR PELAYANAN

NILAI RATA-RATA

1

Persyaratan

3.391

2

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

3.404

3

Waktu Penyelesaian

3.360

4

Biaya/Tarif

3.925

5

Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

3.366

6

Kompetensi Pelaksana

3.422

7

Perilaku Pelaksana

3.547

8

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

3.422

9

Sarana dan Prasarana

3.826

NRR

3.515

IKM Unit Pelayanan

87.87

Mutu Pelayanan

B

Kinerja Unit Pelayanan

BAIK

    1. Pelayanan KKS Rusak Hilang Tertelan Expired, Aduan BPNT, Aduan PKH, Aduan BLT BBM, Aduan Aslum, Aduan BST
        1. Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

Berdasarkan jumlah kuesioner yang masuk sebanyak 69 Orang, dapat dijelaskan bahwa responden pengisian survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling banyak berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 55 Orang (79,28%) dan responden laki-laki sebanyak 14 Orang (20,28%). Data responden berdasarkan jenis kelamin dijelaskan dalam Tabel 2.25 berikut ini :

Tabel 2.25

Data Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

No

Jenis Kelamin

Jumlah

Prosentase

1

Laki-Laki

14

20,28%

2

Perempuan

55

79,28%

Total

69

100%

        1. Karakteristik Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Jika dilihat dari tingkat pendidikan, responden pengisi kuesioner survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling banyak berpendidikan SMA yaitu sebanyak 39 Orang (56,52%), kemudian disusul dengan responden berpendidikan SD sebanyak 16 Orang (23,18%), Responden berpendidikan SMP sebanyak 8 Orang (11,6%), Responden berpendidikan D1, D2, D3 sebanyak 4 Orang (5,8%), Responden berpendidikan S1 sebanyak 2 Orang (2,9%).  Data responden berdasarkan tingkat pendidikan dijabarkan dalam tabel 2.26 berikut ini :

Tabel 2.26

Data Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan

No

Tingkat Pendidikan

Jumlah

Prosentase

1

SD

16

23,18%

2

SMP

8

11,6%

3

SMA

39

56,52%

4

D1, D2, D3

4

5,8%

5

D4/S1

2

2,9%

Total

69

100%

Sumber : Data Primer diolah

 

        1. Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

Berdasarkan hasil Survey Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan KKS Rusak Hilang Tertelan Expired, Aduan BPNT, Aduan PKH, Aduan BLT BBM, Aduan Aslum, Aduan BST yang terdapat dalam pelayanan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, setelah pengolahan data survey yang masuk maka hasil survey kepuasan masyarakat dengan nilai terendah terdapat pada unsur Perssyaratan dan nilai tertinggi terdapat pada unsur Biaya/Tarif  dimaksud terdapat dalam table 2.27 berikut :

Tabel 2.27

Data Hasil Laporan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

LAPORAN SKM UNIT PELAYANAN   : KKS RUSAK HILANG TERTELAN EXPIRED, ADUAN BPNT, ADUAN PKH, ADUAN BLT BBM, ADUAN ASLUM, ADUAN BST

NO

UNSUR PELAYANAN

NILAI RATA-RATA

1

Persyaratan

3.348

2

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

3.377

3

Waktu Penyelesaian

3.275

4

Biaya/Tarif

3.971

5

Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

3.362

6

Kompetensi Pelaksana

3.507

7

Perilaku Pelaksana

3.435

8

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

3.420

9

Sarana dan Prasarana

3.783

NRR

3,628

IKM Unit Pelayanan

90,694

Mutu Pelayanan

A

Kinerja Unit Pelayanan

SANGAT BAIK

  1. Deskripsi Hasil Analisis dari Seluruh Loket Layanan

          Data akhir kegiatan penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dari setiap unit pelayanan dengan jumlah data kuisioner yang didapat, disusun dengan materi sebagai berikut :

  • Survey unsur pelayanan berdasarkan hasil penghitungan survey kepuasan masyarakat, jumlah nilai dari setiap unit pelayanan diperoleh dari jumlah nilai rata-rata setiap unsur pelayanan
  • Nilai survey komposit (gabungan) untuk setiap unit pelayanan merupakan jumlah nilai rata-rata dari setiap unsur pelayanan dikalikan dengan penimbang yang sama yaitu 0,11 (untuk 9 unsur pelayanan). Hasil nilai rata-rata unsur dan masing-masing unit pelayanan sebagaimana table berikut :

NO

UNSUR PELAYANAN

NILAI RATA-RATA

1

Persyaratan

3.365

2

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

3.519

3

Waktu Penyelesaian

3.348

4

Biaya/Tarif

3.911

5

Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

3.354

6

Kompetensi Pelaksana

3.441

7

Perilaku Pelaksana

3.453

8

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

3.521

9

Sarana dan Prasarana

3.870

Untuk penghitungan cara lainnya dapat tersaji melalui gambar grafik berikut ini :

GRAFIK PROSENTASE PENILAIAN UNSUR PELAYANAN DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023

Unsur-unsur dari penilaian dalam survey kepuasan masyarakat (SKM) tersebut meliputi kepuasan dalam mendapatkan pelayanan sebagai berikut

        1. Prosedur/Kemudahan prosedur pelayanan

Pemahaman warga tentang kemudahan prosedur pelayanan di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Nilai pelayanan dalam hal kemudahan dalam prosedur pelayanan dianggap baik yaitu 84,13%.

        1. Sistem Mekanisme

Pendapat warga tentang jangka waktu penyelesaian dalam mendapatkan pelayanan di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta sudah baik dengan nilai 87,98%

        1. Waktu Penyelesaian

Pendapat warga tentang kemampuan yang dimiliki petugas dalam memberikan pelayanan baik dari aspek pengetahuan, keahlian, keterampilan dan pengalaman baik, dengan nilai 83,7%

        1. Biaya/Tarif

Pendapat warga tentang perilaku petugas dalam memberikan pelayanan sangat baik, dengan nilai 97,76%

        1. Produk/spek jenis pelayanan

Pendapat warga tentang kedisiplinan petugas dalam memberikan pelayanan baik, dengan nila 83,85%

        1. Kompetensi Petugas Pelaksana

Pendapat warga tentang kejelasan dan kepastian petugas yang melayani sehingga warga mendapatkan informasi sesuai dengan yang dibutuhkan, dan pelayanan petugas dalam memberikan informasi baik dengan nilai 86,02%

        1. Perilaku/Attitude Pelaksana

Pendapat warga tentang keadilan mendapatkan pelayanan di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta sudah mendapatkan keadilan dari petugas yang melayani dengan nilai baik yaitu 86,32%

        1. Penanganan pengaduan, Saran dan Masukan

Pendapat warga tentang kenyamanan lingkungan/ruang pelayanan di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta sangat baik dengan mendapatkan nilai 88,57%

        1. Sarana dan Prasarana

Pendapat warga tentang sarana prasarana ruang pelayanan yang ada di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta juga sangat baik dengan nilai 97,03%

            Dari hasil pengolahan data dengan mengacu pada Permen PAN & RB Nomor 14 Tahun 2017, diperoleh hasil bahwa SKM rata-rata dari pelayanan yang ada di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Tahun 2023 mendapat skor 88,37 dengan kategori Sangat Baik. Dari 9 unsur yang dijadikan parameter dalam pengukuran SKM, maka unsur yang masih perlu ditingkatkan adalah waktu penyelesaian dalam memberikan pelayanan kepada publik untuk bisa lebih baik lagi (Memberikan pelayanan prima) dan meningkatkan penanganan pengaduan, saran dan masukan dari masyarakat untuk OPD. Adapun upaya yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta adalah mengadakan Bimtek Pelayanan prima dan penanganan pengaduan, saran serta masukan kepada seluruh petugas pelayanan yang ada di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta.

 

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

 

Berdasarkan hasil pelaksanaan survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Kesimpulan
  1. Hasil survey kepuasan masyarakat pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta pada Tahun 2023 Semester II mendapat nilai 88,37 dengan kategori Sangat Baik.

Adapun kategori dalam skala likert dalam kuesioner ini adalah :

  1. =  tidak baik                  
  2. kurang baik                    
  3. baik
  4. =  sangat baik         

            Rentang nilai yang digunakan sebagai berikut :

NILAI PERSEPSI

NILAI INTERVAL (NI)

NILAI INTERVAL KONVERSI (NIK)

MUTU PELAYANAN (x)

KINERJA UNIT PELAYANAN (y)

1

1,00 – 2,5996

25,00 – 64,99

D

Tidak baik

2

2,60 – 3,064

65,00 – 76,60

C

Kurang baik

3

3,0644 – 3,532

76,61 – 88,30

B

Baik

4

3,5324 – 4,00

88,31 – 100,00

A

Sangat baik

Sumber : Permenpan 14 Tahun 2017

  1. Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta akan mengoptimalkan kecepatan dalam penyelesaian pelayanan yang terdapat dalam pelayanan Dinsosnakertrans. Sementara untuk sikap petugas pelayanan harus ditingkatkan dengan mengikuti bimtek pelayanan prima bagi petugas yang ada dipelayanan sehingga mampu memberikan pelayanan yang tebaik kepada publik atau masyarakat.
  1.  Saran
  1. Melakukan sosialisasi sistem, mekanisme atau prosedur pelayanan dengan memamfaatkan platform website atau media sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi agar masyarakat tau apa saja pelayanan yang ada di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta prosedur pelayanannya.
  2. Melakukan rapat koordinasi pada masing-masing loket / jenis layanan guna memperdalam ilmu dan informasi terkait layanan yang diberikan.

 

 

 

LAPORAN SKM TAHUN 2023

SEMESTER II

     

Unit Pelayanan   : DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KOTA YOGYAKARTA

Alamat              r: Komplek Balaikota Jl.Kenari No.56

 

Telephon/Fax     :  0274563730 / 0274563730

 
     

NO

UNSUR PELAYANAN

NILAI RATA-RATA

1

PERSYARATAN/PROSEDUR

3.365

2

SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR

3.519

3

WAKTU PENYELESAIAN

3.348

4

BIAYA/TARIF

3.911

5

PRODUK SPESIFIKASI JENIS PELAYANAN

3.354

6

KOMPETENSI PELAKSANA

3.441

7

PERILAKU PELAKSANA

3.453

8

PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

3.543

9

SARANA DAN PRASARANA

3.882

     
 

NRR

3,535

 

IKM UNIT PELAYANAN

88,37

 

MUTU PELAYANAN

A

 

KINERJA UNIT PELAYANAN

SANGAT BAIK

 

Prioritas Peningkatan Kualitas Pelayanan :

1.Waktu Penyelesaian dalam memberikan pelayanan

2.Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan yang diberikan

3.Persyaratan/Prosedur yang diberikan

 

Upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan unsur pelayanan :

Memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan memberikan bimtek pelayanan prima kepada petugas pelayanan.