PENYULUHAN WAHANA KESEJAHTERAAN SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT  KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2024

 

Kamis (6/6/24) Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Bidang Pemberdayaan dan Rehabilitasi Sosial, khususnya Seksi Pemberdayaan Sumber Daya Kesejahteraan Sosial melaksanakan kegiatan Penyuluhan WKSBM. Sebanyak 25 (dua puluh lima) pengurus WKSBM se-Kota Yogyakarta diundang dalam kegiatan ini. Selain itu diundang pula perwakilan Lurah untuk memperkenalkan WKSBM di wilayahnya agar dapat saling bersinergi dalam pelayanan sosial tingkat lokal.

 

WKSBM sendiri adalah sistem kerjasama pelayanan kesejahteraan sosial di tingkat akar rumput yang terdiri atas usaha kelompok, lembaga maupun jaringan pendukungnya. WKSBM di Kota Yogyakarta merupakan lembaga yang paling dekat dan bisa dijangkau oleh masyarakat karena berada pada level RW untuk membantu mewujudkan masyarakat yang peduli dan mendukung ketahanan sosial lokal.

 

Dalam penyuluhan WKSBM tahun ini Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengundang beberapa narasumber yang memberikan materi terkait inovasi program WKSBM, teknik komunikasi dalam pelayanan sosial serta pengelolaan organisasi WKSBM.

 

Diharapkan dengan kegiatan penyuluhan ini, WKSBM mampu meningkatkan kapasitas SDM dan organisasinya sehingga bisa menjadi wadah pelayanan lokal warga yang memerlukan pelayanan sosial secara cepat dan efektif dengan pendayagunaan segala potensi sumber lokal yang tersedia sesuai amanat Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 42/HUK/2004. (Aji)