Lansia Bergelora Raga di UPT RPSLUT Budhi Dharma

          Jumat, 26 Juli 2024 di UPT Rumah Pelayanan Lanjut Usia Terlantar (RPSLUT) Budhi Dharma terlihat para lansia berduyun-duyun berkumpul lalu bergerak seirama dengan musik. Gerakan lincah dari instruktur diikuti oleh para lansia dengan tak kalah heboh. Mulai dari gerakan tangan ke atas, menggerakkan pinggul ke kanan dan ke kiri, hingga menggerakkan kaki sambil tertawa lepas karena terkadang gerakannya tidak sinkron namun malah lucu. Meski usia telah menua tapi mereka tetap bergelora raganya. Mereka ini adalah warga penghuni RPSLUT Budhi Dharma yang sedang melakukan kegiatan rutin kegiatan senam pagi setiap hari jumat.

          Warga penghuni RPSLUT adalah para lanjut usia Kota Yogyakarta di atas 60 tahun yang awalnya berada di kondisi terlantar. Ketelantaran bisa disebabkan oleh beragam hal, ada yang dikarenakan tidak punya keluarga atau tempat tinggal, atau pun karena kondisi ekonominya sangat sulit sehingga tidak bisa menghidupi dirinya sendiri. RPSLUT Budhi Dharma sebagai salah satu UPT dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta kemudian menjadi tempat singgah bagi mereka dengan pemenuhan kebutuhan dasar serta memberikan bimbingan fisik, mental, dan spriritual. Kegiatan senam untuk menjaga agar raga mereka tetap bergelora adalah satu program dari bimbingan tersebut. Saat ini lansia yang tinggal di RPSLUT Budhi Dharma berjumlah 55 orang terdiri dari 23 lansia laki-laki dan 32 lansia perempuan. Tidak seluruh lansia bisa mengikuti kegiatan senam karena beberapa lansia ada yang tinggal di ruang UPI (Unit Perawatan Intensif) dikarenakan bedrest atau tidak bisa melakukan mobilitas dan aktivitas sehari-hari secara mandiri.

Lansia dengan Pose Bugar Mengikuti Senam didampingi Pengurus UPT RPSLUT Budhi Dharma

          Lewat program senam rutin, para kelayan diharapkan mempunyai rasa berdaya atas tubuhnya. Raga mereka yang berada di kondisi fit tidak akan menghalangi mereka dalam beraktivitas sehari-hari. Dengan begitu mereka akan tetap bisa mandiri dalam melakukan kegiatan pribadi maupun kegiatan bersama. Kegiatan bersama di UPT RPSLUT selain senam ada juga berupa kesenian dan kerohanian di hari lain. Lanjut usia yang awalnya terlantar diharapkan bisa kembali pulih dan berdaya. Sehingga mereka bisa menyongsong hari tua dengan bugar serta percaya diri. UPT RPSLUT yang berlokasi di Ponggalan, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta juga memiliki program reunifikasi dimana jika ditemukan sanak saudara yang mampu menerima kembali kelayan maka akan dilakukan pemulangan (Jagad).