BIMBINGAN KESENIAN TARI  MENDUKUNG MINAT, BAKAT, DAN KREATIVITAS ANAK ASUH RUMAH PENGASUHAN ANAK WILOSO PROJO

Gowongan - Siapa sangka di dalam gerakan-gerakan indah dalam tarian tersimpan potensi besar bagi pengembangan diri anak. Tari bukan hanya hobi atau hiburan semata, lebih dari itu tari adalah bahasa universal yang mampu mengungkapkan perasaan, pikiran, dan kreativitas seseorang secara utuh.

Tari dengan keindahan gerak dan iramanya memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak terutama dalam hal minat, bakat, dan kreativitas anak. Melalui tari, anak-anak diajak untuk dapat mengembangkan dirinya. Menari dapat melatih konsentrasi anak dengan menyelaraskan gerak dalam irama. Anak dapat menumbuhkan interaksi sosial, melatih kerjasama, selain itu menari juga dapat merangsang otak agar bekerja lebih aktif, meningkatkan daya ingat, kepercayaan diri, serta dapat menjadi wadah untuk mengekspresikan diri.

Untuk itu sebagai wujud dukungan RPA Wiloso Projo, sebagai salah satu Unit Pelayanan Teknis dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta dalam mengembangkan potensi minat, bakat, dan kreativitas anak, maka diadakan kegiatan bimbingan tari yang diikuti semua anak asuh RPA Wiloso Projo. Kegiatan bimbingan tari ini diadakan setiap akhir pekan di ruang aula RPA Wiloso Projo. Saat ini anak asuh putri tengah berlatih tari Suko Pari Suko, sedangkan untuk anak asuh putra tengah berlatih tari Gegala.

Tari Suko Pari Suko bermakna suka-suka, tari yang diciptakan pada tahun 2022 dengan tema orang Bertani berasal dari Kabupaten Bantul, dimana tarian ini dibawakan dengan hati yang suka gembira, dengan menggunakan kostum baju lurik, serta menggunakan atribut caping dan tampah sebagai perlengkapan pentasnya. Sedangkan tari Gegala, tari kreasi yang berasal dari Kota Ngawi ini mengandung harapan dari orang tua untuk anaknya agar menjadi anak yang berguna, dengan gerakan yang praktis dan dinamis, yang sangat cocok di perankan oleh anak putra.

Kepala UPT RPA Wiloso Projo, Ibu Ana Khoirina menuturkan bahwa kegiatan bimbingan tari yang menjadi salah satu program kegiatan di UPT RPA Wiloso Projo ini diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan anak dalam mengembangkan potensi yang ada. Selain itu dengan mempelajari tari ini anak mampu menghargai perbedaan individu, kultur maupun keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia. Gerak dan irama yang energik ini diharapkan menambah semangat  bagi anak asuh di RPA Wiloso Projo, sehingga benar-benar dapat menjadi wadah untuk menggembangkan minat, bakat, dan kreativitasnya. Diharapkan pula dengan mengembangakan potensi anak ini akan menjadi bekal untuk menyongsong dan mempersiapkan generasi emas yang sukses, mandiri, dan berbudaya.