EDUKASI KESEHATAN REPRODUKSI OLEH MAHASISWA UNISA  DI UPT RUMAH PENGASUHAN ANAK WILOSO PROJO

Gowongan - Masa remaja adalah masa terpenting dalam menentukan arah masa depan seseorang. Dimana pada fase peralihan anak-anak ke dewasa ini banyak perubahan yang terjadi. Mulai dari perubahan fisik, psikis, dan psikososialnya. Perubahan-perubahan yang terjadi ini tidak jarang membuat rasa penasaran dan keingin tahuan anak semakin tinggi termasuk dalam hal seksualitas. Untuk itu penting sekali kiranya memberikan edukasi kesehatan reproduksi bagi para remaja.

Apa itu edukasi Kesehatan reproduksi? Dan mengapa itu menjadi penting untuk diketahui remaja? Jadi Edukasi Kesehatan reproduksi adalah proses penyampaian informasi yang benar dan komprehensif mengenai tubuh, perubahan fisik, emosi, dan seksualitas pada remaja. Edukasi ini menjadi penting, karena edukasi ini sebagai bekal pengetahuan bagi remaja agar dapat memilih langkah yang sesuai dan bertanggung jawab dengan keputusan di masa depannya.

Mengingat pentingnya edukasi ini maka mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) mengadakan kegiatan pemberian Edukasi Kesehatan reproduksi kepada seluruh anak asuh UPT RPA Wiloso Projo. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari sabtu tanggal 27 Juli 2024 yang bertempat di ruang Aula. Respon positif, antusias dan semangat dari anak dalam menerima pengetahuan baru ini membuat suasana di ruang aula UPT RPA Wiloso Projo semakin semarak.

Selain pemberian materi mengenai cara merawat kesehatan reproduksi, kegiatan ini juga diselingi dengan acara sharing dan ice breaking, menurut Fitri salah satu anak asuh Di RPA Wiloso Projo kegiatan edukasi yang diberikan sangat seru dan mudah dipahami, senada pula dengan yang diungkapkan Rakih, salah satu anak asuh RPA Wiloso Projo yang masih duduk di kelas 9 SMP ini juga mengungkapkan bahwa edukasi yang diberikan sangat menarik, dan menyenangkan. Ia menjadi tahu bagaimana cara menjaga Kesehatan reproduksi dengan baik.

Dengan adanya kegiatan pemberian edukasi mengenai Kesehatan reproduksi bagi remaja ini diharapkan dapat memberikan edukasi yang benar dan komprehensif bagi anak sehingga anak dapat membangun kebiasaan baik terutama dalam merawat dan menjaga Kesehatan reproduksi. Selain itu dengan pengetahuan ini para anak asuh di RPA Wiloso Projo akan lebih bertanggung jawab dalam berperilaku dan membantunya dalam mengambil keputusan dan bersikap untuk masa depannya