Lansia Kelompok Rentan Yang Harus Didampingi

Seksi Jaminan dan Bantuan Sosial dibawah pimpinan Ibu Bernadeta Nanik Trisnajayanti telah melaksanakan Bimbingan Teknis bagi pendamping calon penerima bantuan asistensi sosial lanjut usia miskin di Kota Yogyakarta. Bimbingan teknis dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 30 dan 31 Maret 2021 bertempat di Aula Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Budi Dharma. Aula berkapasitas 60 orang ini didesain sedemikian rupa agar acara berjalan lancar dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan di masa pandemi.

Lansia merupakan kelompok usia yang rentan akan perubahan kondisi dan situasi yang disebabkan adanya perubahan kondisi fisik, sosial dan psikologis. Hal ini akan mengakibatkan adanya resiko sosial. Oleh karena itu Bimbingan teknis ini diselenggarakan untuk membekali pendamping penerima bantuan Asistensi Sosial Lanjut Usia Miskin dengan pengetahuan dasar tentang Kesehatan Fisik, Sosial dan Psikologis Lansia. Harapannya para pendamping tidak hanya mendampingi saat teknis pencairan bantuan namun juga dapat mendampingi lansia memanfaatkan bantuan sehingga dapat memenuhi kebutuhan dasarnya.

Bimbingan teknis ini diisi oleh dua narasumber yang berlatar belakang dokter dan psikolog. Dokter Mirna menyampaikan tentang Kesehatan lansia dan kerentanan fisik yang sering dikeluhkan para lansia. Sedangkan Psikolog Erlita memaparkan tentang psikis lansia yang mempengaruhi perilaku dan bagaimana menyikapinya. Para pendamping yang merupakan aktivis sosial merasa materi bimbingan yang diberikan sangat bermanfaat.