Opname Fisik (OPSIK) Bufferstock Kebencanaan Triwulan Tiga Tahun 2021

    Yogyakarta(29/9) Opname fisik (OPSIK) adalah kegiatan pengecekan kesesuaian data persediaan barang/bufferstock kebencanaan di gudang Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta yang ada pada stok tercatat dengan stok fisik. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh petugas logistik setiap 1 (satu) bulan sekali dan juga setiap triwulan sekali. Selain melakukan pengecekan jumlah persediaan barang, pada kegiatan OPSIK juga dilakukan pengecekan tanggal kadaluarsa barang dan kelayakan barang.

Dalam rangka tertib administrasi penatausahaan bufferstock kebencanaan, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta dibantu personil Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kota Yogyakarta melakukan opname fisik (OPSIK) triwulan tiga pada hari Senin (27/09/2021). OPSIK dilaksanakan di Gudang Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta yang berlokasi di Jl. Panti Wreda, Ponggalan, Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo.

Barang-barang yang disimpan di gudang Dinsosnakertrans antara lain tenda gulung, matras, selimut, peralatan dapur, keperluan sandang, dan sebagainya. Barang-barang tersebut merupakan milik Kementrian Sosial Republik Indonesia yang dikelola oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta dan diperuntukkan bagi penanganan bencana alam seperti saat terjadi banjir dan gempa bumi. Dengan diadakannya kegiatan OPSIK secara rutin, persediaan kebutuhan bahan bantuan sosial dalam penanganan pasca-bencana bisa terkontrol dengan baik.(Bram)