Intensitas Curah Hujan Tinggi, Warga Yogya Harus Waspada

berita

Saat ini intensitas curah hujan semakin tinggi, hal ini mulai dirasakan masyarakat Kota Yogyakarta, oleh karenanya Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kemantren Mergangsan dan Forum KTB menggelar Aksi Siaga Bencana dan Donor Darah Kamis (11/11) di Kemantren Mergangsan Kota Yogyakarta. Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi memimpin jalannya upacara. Kegiatan ini melibatkan diantaranya  POLRI, TNI, PMI, Sigrak,BPBD Kota Yogyakarta, serta Gasa Wirogunan.

Aksi kesiapsiagaan ini menjadi salah satu upaya penanggulangan bencana alam. Kegiatan ini sebagai langkah bersama dalam kesiapan personil dan materil dalam mengantisipasi adanya bencana alam.

'' Dengan intensitas curah hujan yang tinggi, diperkirakan hingga bulan Februari mendatang, mari bersama-sama menyiapkan segala kemungkinan yang terjadi, sehingga jika terjadi bencana seperti tanah longsor bisa segera sigap mengatasi bersama,'' ungkap Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

Heroe berharap, seluruh forum KTB ini selalu berkoordinasi dan memonitoring rutin terkait dengan situasi dan kondisi dilapangan. Jika memang dibutuhkan bantuan maka wilayah bisa melibatkan pemerintah yang dalam hal ini dibantu oleh BPBD Kota Yogya.

" Dalam kegiatan mitigasi bencana kita harus menghemat energi. Saya harap teman-teman menjaga kondisi badan terutama pada cuaca seperti ini," ujarnya.

Selain memberikan arahan kesiapsiagaan bencana, Heroe juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait yang hingga sampai saat ini masih terus mengabdikan diri untuk membantu dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

" Kegiatan ini juga melaksanakan aksi donor darah, terimakasih kepada semuanya yang membantu pelaksanaan hari ini, memang saat ini Kota Yogyakarta dan DIY perlu relawan donor darah. Oleh karena itu kebutuhan akan darah cukup besar dan saya berharap relawan rutin mendonorkan darahnya. Kami harap mereka yang sehat dapat menjadikan dirinya sebagai relawan donor darah akan terus menerus mendonorkan darahnya. Sehingga dapat meringankan beban yang membutuhkan tambahan darah," jelasnya.

Sementara itu, Ketua KTB Kemantren Mergangsan Nasiyar berharap, dengan diadakannya kegiatan aksi siaga bencana dan donor darah ini seluruh warga Kemantren Mergangsan dapat bersama-sama saling membantu dan kompak dalam menangani kebencanaan ataupun pelaksanaan aksi donor darah.

" Aksi ini merupakan bentuk kepedulian bersama dan sebagai antisipasi kami terhadap bencana alam. Tetap  semangat, jaga kesehatan dan tetap jaga lingkungan," ungkap Nasiyar. (Hes)

 

 siaga bencana