Pembagian Kartu Keluarga Sejahtera Program Bantuan Pangan Non Tunai

Yogyakarta(24/11) Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta kembali mendapat alokasi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT/Sembako) sejumlah 9.020 KKS dari Kementerian Sosial RI. KKS ini harus didistribusikan kepada 9.020 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah Kota Yogyakarta. KPM telah ditentukan oleh Kementerian Sosial RI berdasar kriteria dan ketentuan yang berlaku.

Proses distribusi KKS dilakukan oleh Bank BNI selaku Himbara yang ditunjuk oleh Kementerian Sosial sebagai mitra Program BPNT di Kota Yogyakarta. Jadwal distribusi telah dilaksanakan sejak Sabtu, 13 November 2021 sampai dengan Senin, 29 November 2021 bertempat di masing-masing kemantren. Proses distribusi dijadwalkan cukup panjang agar menghindari penumpukan KPM yang berresiko dalam penularan Covid-19.

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dibagikan berisikan saldo senilai Rp 200 ribu/bulan. Saldo tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli sembako di e-warong (elektronik warung gotong royong) binaan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta e-warong yang menjalin kemitraan dengan BNI. Jenis sembako yang dapat dibelanjakan di e-Warong dan harus memenuhi 4 komponen yaitu karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan vitamin mineral (buah dan sayur). Dengan tambahan penerima ini, diharapkan bisa membantu kebutuhan masyarakat selama wabah Covid-19. (yul)