Penyaluran Bantuan Program Sembako Secara Tunai

       Yogyakarta(4/3), Kementerian Sosial melalui PT POS Indonesia menyalurkan Bantuan Program Sembako secara tunai kepada 22.172 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Yogyakarta yang telah ditentukan oleh Kementerian Sosial. Bantuan Program Sembako secara tunai ini merupakan percepatan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai yang selama ini diterimakan dalam bentuk Kartu Keluarga Sejahtera (Kartu KKS) dan ditukarkan dengan sembako di E-Warong.

            Penyaluran dilakukan secara bertahap. Tahap pertama telah dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2022 sampai dengan tanggal 1 Maret 2022 berlokasi di Kantor Pos Besar Yogyakarta, Kantor Pos Muja Muju dan Kantor Pos Gondokusuman. Tahap kedua sedang berlangsung antara tanggal 3 Maret 2022 sampai dengan 5 Maret 2022 berlokasi di Kantor Kelurahan, Kantor Kemantren, Kantor Pos Muja Muju, Kantor Pos Gondokusuman dan Kantor Pos Besar Yogyakarta. Penambahan titik bayar dimaksudkan untuk mengurangi antrean penerima yang berpotensi menyebarkan Covid-19 mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi. Penyaluran melibatkan banyak pihak antara lain Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, TKSK, Kemantren, Kelurahan, PSM, Linmas, dan petugas lapangan di wilayah.

          Setiap KPM akan menerima bantuan senilai Rp 600.000,- yang merupakan alokasi Bantuan Pangan Sembako bulan Januari, Februari, Maret. Meskipun diberikan secara tunai, KPM diharapkan dapat memanfaatkan bantuan sesuai peruntukannya. Yaitu untuk belanja sembako yang memenuhi 4 komponen ; karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sumber vitamin-mineral, di E-Warong terdekat. Bantuan tidak boleh dibelanjakan untuk keperluan tersier seperti kosmetik, pulsa, rokok, dan keperluan lain selain untuk menambah gizi keluarga. (yul)