Penyelenggaraan pelatihan  Bimbingan Sosial Dasar(BSD) Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta tahun 2022

      Yogya, 3/4 Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, hari selasa sampai rabu (29 - 30 Maret 2022) menyelenggarakan Pelatihan Bimbingan Sosial Dasar (BSD). Pelatihan tersebut bertempat di Gedung Gotong Royong, Kotabaru, Kota Yogyakarta. Diikuti oleh 45 orang calon Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dari kemantren se Kota Yogyakarta.

       Berdasarkan Permensos Nomor 10 Tahun 2019, pelatihan BSD merupakan salah satu prasyarat bagi calon PSM agar bisa diangkat sebagai PSM, dibuktikan dengan sertifikat kelulusan pelatihan BSD yang diperoleh. Pelatihan BSD juga bentuk konsekuensi atas peran PSM sebagai mitra pemerintah  dalam pelaksanaan usaha kesejahteraan sosial, sehingga Pemerintah Kota Yogyakarta mempunyai kewajiban untuk memastikan para PSM ini memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan dalam penanganan masalah sosial di wilayah.

      Pelatihan BSD dibuka oleh Kepala Bidang Pemberdayaan dan Rehabilitasi Sosial Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta, Edi Sumbodo, S.K.M, M.Kes, dan dilanjutkan dengan materi dari IPSM Kota Yogyakarta, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial, Balai Rahabilitasi Sosial dan Perlindungan Anak, Instruktur Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita, serta dari STPMD APMD.

       Selama 2 (dua) hari, peserta pelatihan diberikan materi dasar terkait tupoksi PSM, administrasi pekerjaan sosial, dan metode dalam pekerjaan sosial. Selain itu, juga diberikan bekal kepada peserta terkait teknik komunikasi yang baik kepada masyarakat serta motivasi agar peserta semakin bersemangat menjadi relawan sosial dan membantu sesama. (Aji)