Workshop Manajemen Pengembangan KUBE dan Workshop Pengembangan e-WARONG Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta

          Kelompok Usaha Bersama (KUBE) merupakan program yang bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan di Kota Yogyakarta dengan pendekatan spesifik melalui tahapan membangun kesadaran berkelompok untuk kemandirian masyarakat miskin, kebersamaan dan kesetiakawanan sosial, ekonomi produktif dengan mengembangkan usaha yang mampu memberi nilai tambah ekonomis dan kemandirian melalui infrastruktur ekonomi-sosial yang berkelanjutan.

           Selanjutnya dari KUBE, Kementerian Sosial RI menciptakan e-WARONG (Elektronik Warung Gotong Royong) yang tujuannya membangkitkan semangat gotong royong dalam upaya meningkatkan mutu ekonomi dan juga sebagai kepanjangan tangan Kementrian Sosial RI dalam menyalurkan bantuan pangan non tunai dengan menggunakan sistem perbankan. Secara rutin e-warong telah berperan aktif dalam penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai.

            Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta melalui Seksi Jaminan dan Bantuan Sosial melaksanakan kegiatan Workshop Manajemen Pengembangan KUBE dan Workshop Pengembangan e-WARONG pada hari Rabu, 9 November 2022 pada pukul 09.00 WIB di Hotel Tasneem Kota Yogyakarta.

            Workshop Manajemen Pengembangan KUBE bertujuan untuk memberikan edukasi, wawasan dan gambaran mengenai potensi usaha  yang bisa dimanfaatkan anggota-anggota KUBE; mempersiapkan KUBE menjadi kekuatan-kekuatan ekonomi kerakyatan yang mampu bertahan menghadapi ancaman-ancaman ekonomi dunia; serta menumbuhkan motivasi agar terus menjaga kelestarian KUBE, baik kelompok, modal dan usahanya. Sedangkan Workshop Pengembangan e-WARONG bertujuan untuk mendorong terciptanya e-warong yang dikelola secara professional; menumbuhkan semangat bagi para pengelola e-warong agar tumbuh berkembang; serta memberikan wawasan mengenai peluang bisnis e-warong dimasa yang akan datang.

            Peserta kegiatan Workshop Manajemen Pengembangan KUBE sejumlah 45 orang yang terdiri dari 15 KUBE (Kelompok Usaha Bersama) yang telah mendapatkan bantuan pengembangan di Tahun 2022. Dan peserta kegiatan Workshop Manajemen Pengembangan e-warong  sejumlah 50 orang yang terdiri dari 25 e-warong  yang telah mendapatkan pelatihan - pelatihan di Tahun 2022.

           Kegiatan Workshop menghadirkan 3 narasumber, yaitu PJ. Walikota Yogyakarta membawakan materi nilai-nilai kepemimpinan, Anggota DPRD Kota Yogyakarta membawakan materi motivasi dalam menjaga kelestarian KUBE dan e-WARONG dan Akademisi membawakan materi potensi dan inovasi yang bisa dikembangkan oleh KUBE dan e-WARONG. Dalam kegiatan workshop Pj. Walikota menyampaikan kunci agar sukses yaitu S.M.I.L.E (Solid, Melek, Teknologi, Inovatif, Lengkap, Efektif dan Efiesien)

            Pelaksanaan acara berjalan dengan lancar dan kondusif, dengan adanya kegiatan workshop bagi KUBE dan e-WARONG diharapkan dapat meningkatkan motivasi, inovasi, dan kerjasama tim anggota KUBE dan e-WARONG. (Dhf)