Pendampingan Kelayan UPT RPA Wiloso Projo   dalam Penerimaan Raport Tahun Ajaran 2022/2023

Yogyakarta - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta memiliki Unit Pelayanan Teknis yang berfokus kepada pengasuhan anak terlantar yaitu UPT Rumah Pengasuhan Anak (RPA) Wiloso Projo. UPT RPA Wiloso Projo bertempat di jalan Penumping, JT III/211, Kelurahan Gowongan, Kemantren Jetis, Kota Yogyakarta.

Saat ini rumah pengasuhan anak Wiloso Projo memiliki 16 Kelayan yang bersekolah di area kota Yogyakarta dari jenjang SD sampai SMK. Selain memenuhi kebutuhan primer kelayan seperti pakaian yang layak, makanan yang sehat dan bergizi, juga tempat tinggal yang nyaman, salah satu aspek yang sangat penting untuk diberikan kepada para kelayan adalah dari segi pendidikannya. Untuk memberikan pengasuhan terbaik bagi anak yaitu menggantikan peran orang tua/wali maka para pendamping anak yang ada di UPT RPA Wilosoprojo selalu mengedepankan kepentingan dan kebutuhan anak. Termasuk pada penerimaan raport Tahun Ajaran 2022/2023, dimana saat penerimaan rapor di sekolah masing-masing kelayan diantar oleh pendamping untuk mengambil raport di sekolah dari yang bersekolah di SD, SMP dan SMK

Sebagaimana pendampingan yang dilakukan oleh Bapak Rahmat, yang mendampingi Kelayan bernama Octa kelas 5 Di SD Negeri Cokrokusuman Yogyakarta. Ada juga    pendampingan yang dilakukan oleh Ibu Aldila kepada Imelia Hanifah yang bersekolah di SD negeri Vidya Qasana kelas 4 SD. Pendampingan ini dilakukan selain untuk mengetahui progres belajar kelayan di sekolah juga sebagai wujud pengasuhan terbaik yang diberikan kepada kelayan,  sehingga kelayan dapat merasakan perhatian, kasih sayang dan hak  yang sama dengan anak-anak yang mendapatkan pengasuhan di dalam keluarga.

Diharapkan dengan adanya pendampingan kepada kelayan dalam segala aspek kehidupannya, seperti dalam bidang pendidikan dengan mendampingi penerimaan rapor ini dapat menjadi motivasi dan dan dukungan terhadap kelayan, sehingga kelak kelayan dapat lebih percaya diri dalam meraih cita-citanya.