SEKDA KOTA YOGYAKARTA MENYAPA ANAK ASUH UPT RPA WILOSO PROJO

Yogyakarta - Kamis 6 Juli 2023 pada siang hari yang cerah, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta, Bapak Ir. Aman Yuriadijaya, M.M mengunjungi UPT Rumah Pengasuhan Anak Wiloso Projo. Bapak Sekda bersama rombongan dari Bagian Administrasi Pembangunan disambut langsung oleh Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Bapak Drs. Maryustion Tonang, M.M didampingi oleh Plt Kepala UPT RPA Wiloso Projo, Ibu Puji Rahayu, S.Sos beserta jajarannya, dengan penuh kebahagiaan.

Sekda Kota Yogyakarta Bapak Aman bersama Ibu Umi Akhsanti, MT dan jajarannya dari Bagian Administrasi Pembangunan hendak menyapa Anak Asuh dan melakukan monitoring pelaksanaan layanan UPT RPA Wiloso Projo. Kegiatan ini diawali di ruang Kepala UPT dengan pemaparan dari Ibu Ana Khoirina selaku Plh Kasubag TU dan Ibu Umi Sangadah, salah seorang Pekerja Sosial (Peksos) mengenai prestasi yang diraih oleh UPT RPA dan oleh anak asuh sekaligus pelayanan dan program kegiatan terhadap anak asuh di RPA Wiloso Projo, yang disimak dengan seksama oleh Bapak Sekda. Dalam tanggapannya Bapak Sekda sekilas membahas tentang sinergi pelayanan internal RPA dan pentingnya berkolaborasi dengan berbagai instansi terkait. Tidak hanya itu Bapak Sekda juga membahas tentang tindak lanjut pasca pengasuhan di RPA Wiloso Projo terkait monitoring kondisi anak setelah terminasi dan reunifikasi. Kasi Pemberdayaan dan Sumberdaya Kesejahteraan Sosial Ibu Ragil Destiana, Plt Kasi Rehabilitasi Sosial Bapak Erva Wifata dan Pekerja Sosial dari Kementerian Sosial Ibu Anastasia Dhian juga ikut berdiskusi dan menanggapi mengenai dukungan serta keterkaitan kegiatan dengan UPT RPA Wiloso Projo.

Setelah melakukan pembahasan dan berdiskusi di ruang Ka UPT, Bapak Sekda berkenan untuk menyapa dan melihat Anak Asuh yang tengah mengikuti kegiatan pembelajaran keterampilan membuat taplak meja dan sajadah dengan bahan kain blaco yang disulam. Terlihat sesekali Bapak Sekda bertanya kepada anak-anak di tengah-tengah kegiatannya. Tidak hanya itu Bapak sekda juga memberikan semangat kepada anak-anak, dan mendoakan semoga anak-anak sukses kedepannya. Usai melihat kegiatan keterampilan Anak Asuh, Bapak Sekda bersama rombongan berkeliling melihat ruang dapur, ruang makan, kamar anak putra dan putri, dan diakhiri dengan melihat ruang aula RPA Wiloso Projo.

Di akhir kunjungan Bapak Sekda berpesan ada upaya penguatan ketahanan keluarga dan tindak lanjut pasca pengasuhan, terkait monitoring kondisi anak asuh setelah kembali ke keluarganya, pentingnya menjalin silaturahmi dengan alumni anak asuh dan upaya penyaluran kerja untuk mendukung kemandirian dan masa depan anak asuh. (WP)