PEMBUKAAN PELATIHAN SATPAM

          Keamanan merupakan aspek penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Dalam berbagai lingkungan, seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, atau tempat-tempat umum lainnya, keberadaan satpam atau petugas keamanan sangatlah penting. Mereka bertanggung jawab dalam menjaga ketertiban, mencegah kejahatan, dan memberikan rasa aman bagi masyarakat. Namun, menjadi seorang satpam yang profesional membutuhkan pelatihan yang tepat.

            Melihat pentingnya pelatihan satpam, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta mengadakan pelatihan satpam bekerjasama dengan Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) Prima Security yang beralamat di Jl. Imogiri Barat Km. 4,5 Sewon, Bantul. Pelatihan dibuka oleh Sub Koordinator Kelompok Substansi Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja, Fendi Widyanto, S.ST. pada hari Kamis tanggal 13 Juli 2023. Pelatihan ini akan dilaksanakan hingga 7 Agustus 2023 mendatang.

            Sebelumnya terdapat 47 orang yang telah mendaftar pelatihan satpam melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS), yang kemudian diseleksi untuk mendapatkan 20 peserta pelatihan melalui tes tertulis, wawancara, psikologi dan fisik. Dari 20 peserta pelatihan satpam kali ini, terdapat 19 peserta putra dan 1 peserta putri yang lolos seleksi. Selanjutnya 20 peserta pelatihan ini akan ditempa baik secara fisik maupun teori untuk dilatih menjadi satpam yang tangguh dan kompeten. (NE)