PENYERAHAN BANTUAN LEMBAGA ORANG TUA ASUH (L-OTA) DIY TAHUN 2024 KOTA YOGYAKARTA

Umbulharjo, Rabu (2/10/24) Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Yogyakarta bersama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta serta L-OTA DIY melaksanakan penyerahan bantuan L-OTA DIY untuk wilayah Kota Yogyakarta. Penyaluran dilaksanakan di Gedung PKK, Komplek Balaikota Yogyakarta, Jl. Kenari No. 56, Yogyakarta.

Lembaga Orang Tua Asuh (L-OTA) DIY adalah sebuah perkumpulan yang berfokus pada bantuan pendidikan bagi anak sekolah dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah kejuruan. Lembaga ini telah memperoleh pengesahan badan hukum dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0075474.AH.01.07 tanggal 10 Oktober 2016 dan telah memperoleh tanda daftar lembaga kesejahteraan sosial dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Yogyakarta Nomor 000000000000000230010 tanggal 3 Agustus 2023.

Untuk penyerahan tahun 2024, L-OTA menghimpun bantuan dari PT Sari Husada Generasi Mahardika (SGM), Bank BPD DIY, Pamella Supermarket, Manna Kampus (PT.Mirota Nayan), PT.Madu Baru PG-PS Madukismo, Bimbingan Belajar Neutron Yogyakarta, PT. Ramai Putra Sejahtera, Gardena Departement yang kemudian akan disalurkan kepada Siswa Sekolah Dasar wilayah Kota Yogyakarta sejumlah 74 siswa dari 23 sekolah. Siswa Sekolah Menengah Pertama wilayah Kota Yogyakarta sejumlah 25 siswa dari 7 sekolah. Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Wilayah Kota Yogyakarta sejumlah 5 siswa dari 1 sekolah.

Besaran bantuan diterimakan secara tunai kepada siswa penerima, kecuali bantuan dari Bank BPD DIY diterimakan melalui transfer ke rekening siswa penerima bantuan. Jumlah besaran bantuan untuk siswa Sekolah Dasar @ Rp. 240.000,- (dua ratus empat puluh ribu rupiah), siswa Sekolah Menengah Pertama @ Rp 360.000,- (tiga ratus enam puluh ribu rupiah), siswa Sekolah Menengah Atas @ Rp 480.000,- (empat ratus delapan puluh ribu rupiah)

Penyerahan bantuan L-OTA DIY 2024 dihadiri oleh Pj. Wali Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, perwakilan donatur serta perwakilan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Yogyakarta, Ir. Sugeng Purwanto, M.M.A, menyampaikan pesan Sri Sultan Hamengku Buwono X bahwa kegiatan penyerahan bantuan ini tidak hanya sekedar memberikan bantuan semata, namun perlu didampingi sehingga bantuan menjadi tepat sasaran dan harapannya mampu menumbukan budi pekerti siswa serta memajukan generasi muda dalam tantangan globalisasi. (Aji)